Bolehkah Penderita Diabetes Makan Madu

Madu dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Rasanya yang manis membuat banyak penderita diabetes khawatir untuk mengonsumsinya. Banyak yang menyebutkan bahwa madu dapat digunakan sebagai pemanis pengganti gula untuk penderita diabetes karena madu dapat menurunkan gula darah. Apakah madu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Madu memiliki rasa manis, yang didapatkan dari kandungan gula yang ada didalamnya. Kandungan gula didalam madu berupa glukosa, fruktosa, maltosa dan sukrosa. Keempat senyawa ini termasuk golongan gula sederhana yang terbentuk dari satu molekul gula (monosakarida) atau dua molekul gula (disakarida). Gula sederhana sangat mudah dicerna karena bentuk molekulnya yang sederhana, tidak seperti gula kompleks yang memerlukan bantuan enzim tertentu untuk memecahnya menjadi gula sederhana terlebih dahulu agar dapat dicerna dan digunakan oleh tubuh. Maka dari itu, kandungan gula dalam madu sangat mudah dicerna dan akan menyebabkan kenaikan gula dalam darah dengan cepat, lebih cepat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula kompleks.
Selain itu juga perlu diperhatikan untuk produk-produk madu yang beredar dipasaran. Banyak diantaranya yang tidak murni melainkan terdapat kandungan lain didalamnya seperti gula tambahan. Hal ini sangat berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena dapat meningkatkan lebih banyak kadar gula yang ada didalam darah dan akan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Melihat adanya fakta ini, penderita diabetes sebaiknya mulai memikirkan ulang kebiasaan mengkonsumsi madu sebagai pengganti gula. Disamping kadar gula, kadar karbohidrat dan kalori dalam madu juga bisa memberikan masalah yang lebih besar bagi penderita diabetes. Penderita diabetes sendiri bisa memakai pengganti gula dengan beberapa buah-buahan layaknya jeruk, jambu dan anggur, kedondong, bengkoang, dan beberapa buah pepaya. Beberapa sayuran layaknya ketimun, tauge, sawi putih, dan kembang kol juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan aman. Meskipun begitu penderita diabetes tetap harus menjaga pola makan yang sehat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Selalu cek kadar gula darah secara rutin dan konsumsi Vitanosteen.

Kunjungi media sosial kami :
ig @vitanosteen.official : https://bit.ly/2WnTODM
forum diskusi sahabat vitanosteen : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage VitanosteenOfficial : https://bit.ly/2JCLf6s
youtube Official Vitanosteen : https://bit.ly/2U1rf2g

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *