Tekanan Darah Normal

Tekanan darah merupakan tetapan ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah adalah kondisi yang tidak berjalan terus menerus, namun akan berubah-ubah. Ini karena tekanan darah akan bervariasi setiap saat, tergantung pada aktivitas yang sedang dan telah dilakukan. Olahraga, perubahan postur tubuh dan bahkan berbicara sekalipun dapat menyebabkan tekanan pada darah berubah.
Untuk mengukur tekanan darah dapat dikunakan tensimeter. Pengukuran tekanan darah lebih baik dilakukan di pagi hari agar dapat melihat adanya masalah kesehatan dengan lebih baik dibanding jika dilakukan pada malam hari. Tekanan darah akan memiliki pola tinggi pada pagi hari hingga siang hari kemudian mencapai puncaknya pada sore dan kemudian kembali turun pada malam hari.
Pola perubahan tekanan pada darah ini sangat berkaitan dengan jam biologis tubuh atau ritme sirkadian. Tubuh memiliki jam biologis untuk mengatur kerja setiap organ berdasarkan jadwal tertentu dalam rentang waktu 24 jam atau satu hari.
Tekanan darah bisa dikatakan normal apabila tekanannya pada angka yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Tekanan darah normal terjadi saat tubuh dalam keadaan yang sehat dan bugar.

Di mana setiap orang memiliki tekanan darah yang berbeda-beda yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari gaya hidup, aktivitas, usia, emosi, obat-obatan yang dikonsumsi, hingga beberapa hal lainnya. Untuk mengetahui tingkat tekanan darah pada tubuh manusia. Berikut adalah penjelasan mengenai tekanan darah normal untuk setiap orang dewasa, anak-anak dan ibu hamil:

1. Tekanan Darah Normal Pada Orang Dewasa
Tekanan darah normal seseorang dapat berubah setiap harinya, tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhi. Tekanan darah manusia akan menunjukan angka stabil pada saat seseorang memasuki usia remaja hingga dewasa yang mana di usia ini akan memiliki tekanan darah normal di angka berkisar 120/80 mmHg.

Nilai 120 merupakan nilai untuk menunjukkan tingkat tekanan organ jantung saat memompa darah yang disebut sebagai angka sistolik dan menunjukkan seberapa kuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, angka 80 adalah angka yang menunjukkan di mana organ jantung dalam keadaan istirahat sejenak dalam proses memompa darah. Angka ini juga disebut sebagai angka diastolik.

2. Tekanan Darah Normal Pada Anak-Anak

Perbedaan usia akan menunjukkan perbedaan pada tekanan darah normal juga. Namun untuk usia balita dan anak-anak, tekanan darah atau tensi normalnya sedikit sulit untuk diketahui. Dimana hal ini dikarenakan balit dan anak-anak memiliki fase pertumbuhan yang tergolong lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Untuk bayi yang baru lahir, mereka pada umumnya akan memiliki tekanan darah normal sekitar 90/80 mmHg. Tekanan darah normal mereka akan berubah pada fase berikutnya yaitu pada saat mereka memasuki usia 3 – 12 tahun. Pada usia tersebut mereka akan memiliki tekanan darah normal sekitar 104/113 mmHg hingga 119/127 mmHg.

3. Tekanan Darah Normal Pada Ibu Hamil

Secara umum tekanan darah normal ibu hamil sama dengan tekanan darah normal manusia dewasa pada umumnya yaitu 120/80 mmHg. Kecuali saat wanita sedang dalam kondisi hamil, mereka akan memiliki tekanan yang bisa berubah kapan saja. Hal ini disebabkan oleh faktor hormon yang sedang meningkat.

Kunjungi media sosial kami :
ig @vitanosteen.official : https://bit.ly/2WnTODM
forum diskusi sahabat vitanosteen : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage VitanosteenOfficial : https://bit.ly/2JCLf6s
youtube Official Vitanosteen : https://bit.ly/2U1rf2g


Related posts

Leave your comment Required fields are marked *