Pengaruh Suhu Terhadap Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang mengaitkan bahwa cuaca yang panas, kondisi ruangan yang panas, atau berdiri dalam terik matahari dapat menyebabkan kita lebih mudah marah atau emosi. Apakah ini ada kaitannya dengan tekanan darah seseorang? Apakah panas dapat menaikkan tekanan darah dan dingin dapat menurunkan tekanan darah?
Kita sudah mengetahui bahwa resiko gangguan tekanan darah dapat dikendalaikan dengan faktor-faktor yang juga kita bisa atur seperti pola makan, diet, dan olahraga. Namun ternyata ada juga faktor yang tidak bisa kita kendalikan yang dapat mempengaruhi tekana darah seperti cuaca. Meskipun begitu suhu ruangan masih tetap bisa kita kendalikan untuk menyiasati cuaca yang tak terkendali.
Perubahan suhu lingkungan dapat mempengaruhi tekanan darah seseorang. Berbeda dengan anggapan orang yang menyebutkan suhu panas akan menaikkan tekanan darah sehingga menyebabkan seseorang lebih mudah marah, melainkan suhu panas justru dapat menurunkan tekanan darah seseorang. Dan suhi dingin dapat menaikkan tekanan darah seseorang.
Tekanan darah juga akan berubah-ubah seiring perubahan musim, yang mana akan meningkat dimusim dingin dan menurun dimusim panas. Perubahan suhu lingkungan ini akan mempengaruhi pembuluh darah. Pada suhu panas, pembuluh darah akan melebar dan membesar supaya tubuh dapat menurunkan suhu internalnya. Kondisi ini menyebabkan timbulnya ruang kososng di pembuluh dara yang akan berdampak pada tekanan dara yang menjadi lebih rendah. Sedangkan pada suhu yang lebih rendah atau dingin, pembuluh darah akan mengecil dan menyempit agar tubuh dapat menaikkan suhu internalnya. Kondisi ini menyebabkan banyaknya tekanan untuk mendorong darah dan jantung juga memompa darah lebih kuat sehingga tekanan darah akan naik.

Kunjungi media sosial kami :
ig @vitanosteen.official : https://bit.ly/2WnTODM
forum diskusi sahabat vitanosteen : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage VitanosteenOfficial : https://bit.ly/2JCLf6s
youtube Official Vitanosteen : https://bit.ly/2U1rf2g

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *