Tidur Siang Dapat turunkan Tekanan Darah

Banyak orang yang mengira bahwa melakukan kegiatan tidur di siang hari tidak memberikan dampak yang berarti bagi kesehatan tubuh. Bahkan banyak yang menganggap bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang hanya dilakukan oleh anak kecil saja. Namun ternyata, kegiatan tidur siang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Ketika kurang tidur, menggunakan waktu sejenak untuk memejamkan mata di siang hari amat bermanfaat. Khususnya bagi pasien hipertensi, tekanan darah juga bisa lebih rendah dengan mereka rutin mendapatkan tidur siang. Saat kita tidur, akan terjadi penurunan tekanan darah sebesar 10 hingga 20 persen dibandingkan dengan saat bangun. Aktivitas saraf simpatik juga akan menurun selama beristirahat. Itulah yang menjadi penyebab tekanan darah lebih terkendali ketika tidur dan istirahat cukup.
Pada pasien hipertensi, melakukan tidur siang dapat menurunkan tekanan darah selama 24 jam, sehingga pasien dapat mengurangi konsumsi obat penurun tekanan darah, dan menurunkan kemungkinan naiknya tekanan darah di malam hari. Tekanan dara yang tinggi sangat berpengaruh pada sistem kardiovaskuler tubuh. Dengan tidur siang, tekanan darah dapat dikendalikan sehingga resiko kerusakan arteri dan penyakit jantung pun menjadi lebih rendah.
Secara alamiah, jam biologis manusia telah mengatur tubuh untuk mengantuk pada jam-jam setelah makan siang. Tidur siang adalah naluri alamiah untuk mengembalikan kondisi tubuh, agar kembali bugar secara fisik maupun pikiran. Ide, kreativitas, bahkan semangat dan motivasi akan turun jika tidak disegarkan kembali pada jam-jam tersebut. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Tidur siang selama 15-20 menit atau sering disebut power nap sudah cukup memberikan efek tersebut. Bahkan jika terlalu lama, justru membuat badan terasa lebih lemas dan rasanya ingin malas-malasan

Kunjungi media sosial kami :
ig @vitanosteen.official : https://bit.ly/2WnTODM
forum diskusi sahabat vitanosteen : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage VitanosteenOfficial : https://bit.ly/2JCLf6s
youtube Official Vitanosteen : https://bit.ly/2U1rf2g

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *