Posisi tidur Sebabkan Gangguan Pencernaan

Banyak orang yang berkata bahwa setelah makan, seseorang dilarang untuk langsung tidur atau hanya sekedar berbaring, karena tidak baik untuk kesehatan. Melakukan hal tersebut akan menghambat proses makanan yang kita makan sebelumnya dan juga mengganggu proses pencernaan. Hal ini terjadi karena sistem pencernaan kita tidak beristirahat meskipun kita beristirahat atau tidur. Sistem pencernaan kita akan selalu aktif untuk mencerna makanan, dan akan dalam fungsi terbaik ketika kita dalam posisi duduk atau berdiri.

Posisi tidur yang tidak baik atau berbaring setelah makan dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti mual, dada terasa sesak dan sakit, dan bahkan dapat menyebabkanseseorang muntah. Untuk penderita gangguan pencernaan seperti gangguan asam lambung atau maag, maka posisi tidur dan berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung yang naik dan membuat maag kambuh lagi.

Karena posisi tidur memengaruhi proses pencernaan, maka kita harus tahu posisi apa saja yang baik dan yang perlu dihindari. Beberapa posisi tidur yang harus dihindari kalau tidak mau memiliki masalah pencernaan, yaitu tidur telentang tanpa bantal dan menyamping ke kanan. Sedangkan posisi tidur yang baik untuk mencegah gangguan pencernaan adalah posisi kepala diangkat,miring kekiri, dan posisi tengkurap.

Setelah mengkonsumsi makanan yang berat, pedas, atau memicu maag, sebaiknya tidur dengan posisi kepala sedikit tinggi. Ganjal kepala dengan bantal hingga kepala dengan kasur berjarak sekitar 15-20 cm. Atau  juga bisa dilakukan dengan menyandarkan kepala ke papan sandaran tempat tidur. Posisi ini akan mencegah asam lambung naik ke kerongkonga akibat gaya gravitasi yang menahan asam lambung dan makanan yang telah kita makan agar tidak naik.

Tidur menyamping ke kiri adalah posisi terbaik untuk yang punya masalah pencernaan. Ketika tidur menyamping ke kiri, persimpangan antara lambung dan kerongkongan akan tetap berada di atas cairan asam lambung. Sementara kalau tidur menyamping arah kanan, lingkaran otot yang menahan asam lambung akan merenggang sehingga cairan asam lambung bisa mengalir ke kerongkongan.

Tidur tengkurap juga baik untuk mencegah berbagai keluhan sistem pencernaan. Kita bisa meletakkan kedua tangan di sisi kepala supaya posisi ini jadi lebih nyaman. Namun, pastikan bahwa bantal tidak terlalu tinggi kalau kita tidur sambil tengkurap.

Kunjungi media sosial kami :
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage VitanosteenOfficial : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Official Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *