Waktu Terbaik Untuk Mengukur Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan salah satu bagian vital untuk melihat kondisi kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu kita harus memperhatikan tekanan darah kita setiap saat dan memastikan bahwa tekanan darah kita berada dalam nilai yang normal. Nilai tekanan darah yang tidak normal menunjukkan kondisi yang kurang baik, resikonya bisa sangat berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung.

Untuk mengukur tekanan darah sangatlah mudah dilakukan, hanya dengan menggunakan tensimeter, yang biasa tersedia di berbagai tempat seperti dokter, klinik dan apotek, atau mungkin beberapa orang memilikinya secara pribadi.

Waktu pengukuran tekanan darah juga dapat dilakukan kapan saja pagi, siang ataupun malam hari. Namun perlu diperhatikan juga bahwa nilai tekanan darah kita dapat berubah-ubah sesuai berbagai macam faktor. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi nilai tekanan darah kita seperti usia, genetik atau keturunan, pola hidup, aktivitas yang dilakukan, adanya suatu penyakit, serta obat-obatan dan makanan minuman yang kita konsumsi.

Hal-hal diatas dapat membuat pengukuran nilai tekanan darah kita menjadi bias. Faktor-faktor tersebut mampu menurunkan atau menaikkan tekanan darah kita meskipun hanya sesaat. Maka dari itu, sebelum melakukan pengukuran tekanan darah, sebaiknya kita memperhatikan hal-hal diatas.

Tekanan darah normal orang dewasa dan anak-anak adalah berbeda. Anak-anak akan cenderung memiliki nilai tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan pada orang dewasa. Faktor keturunan juga dapat mempengaruhi, karena gen pembawa sifat tekanan darah tinggi atau rendah bisa saja diturunkan dan membuat seseorang cenderung memiliki nilai tekanan darah yang sama sifatnya dengan orang tua mereka.

Rokok juga dapat menurunkan tekanan darah, begitu juga minuman beralkohol. Kegiatan berat dan olahraga berat dapat menaikkan nilai tekanan darah. Pengukuran tekanan darah setelah melakukan hal ini akan menghasilkan nilai tekanan darah yang lebih tinggi karena jantung masih memompa darah dengan kuat akibat melakukan kegiatan yang berat. Minuman berkafein tinggi juga dapat menaikkan tekanan darah seseorang. Banyak sekali makanan dan minuman juga obat-obatan yang dapat mempengaruhi tekanan darah.

Banyak faktor mempengaruhi tekanan darah kita. Lebih baik mengukur tekanan darah pada saat tubuh dalam kondisi netral seperti pada pagi hari, atau satu jam setelah bangun tidur dan sebelum sarapan. Karena pada waktu ini, tubuh masih dalam kondisi segar dan faktor-faktor yang mempengaruhi diatas lebih mudah untuk dikendalikan. Berbeda pada siang, sore dan malam hari, karena kita sudah melakukan banyak hal yang dapat berpengaruh pada tekanan darah seperti bekerja, makan dan minum dan juga aktivitas lainnya.

Untuk menghindari tekanan darah yang tidak normal terutama hipertensi, maka kita harus menjaga pola hidup kita, dengan makan makanan dengan kadar gizi seimbang, waktu tidur yang cukup, olahraga teratur, jangan mudah stres dan konsumsi vitanosteen setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kita.

Kunjungi media sosial kami :
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage VitanosteenOfficial : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Official Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *