Merasa Pusing Setelah Makan Daging Kambing Menandakan Tekanan Darah Naik

Banyak orang beranggapan bahwa, memakan daging kambing akan menyebabkan sakit kepala karena tekanan darah yang naik. Daging kambing dipercaya mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi, dan yang merupakan super dari naiknya tekanan darah setelah mengkonsumsinya. Namun secara umum kandungan lemak jenuh dan kolesterol dari daging kambing sangat rendah dan tidak lebih besar dari kandungan daging sapi dan daging ayam.

Kandungan lemak jenuh pada daging sapi berkisar sekitar 6 gram, dan mengandung 2,5 gram lemak jenuh per porsinya.Sedangkan lemak jenuh pada daging kambing hanya mencapai 0,71 gram per 100 gram berat daging. Daging kambing justru diperkaya dengan lemak tak jenuh, yang merupakan lemak baik yang membantu menyeimbangkan kadar kolestrol dalam darah, mengurangi peradangan tubuh, dan menstabilkan detak jantung.

Daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah karena cara memasak yang tidak tepat. Memasak dengan cara digoreng, dibakar, atau dipanggang dapat meningkatkan kalori makanan dari pada versi mentahnya. Mengolah daging dengan cara-cara tersebut akan membutuhkan banyak minyak goreng, mentega, atau margarin yang akan berubah jadi lemak dan diserap cukup banyak oleh daging. Disamping itu penggunaan bumbu-bumbu untuk pengolahannya juga dapat menjad i pemicu tekanan darah naik seperti kecap, garan dan  penyedap lainnya.

Penyebab seseorang merasa pusing setelah makan daging kambing adalah karena adanya kandungan zat besi, tyramine, dan protein di dalam makanan daging kambing tersebut. Kandungan ini dapat menurunkan asupan gula menuju otak dengan signifikan sehingga kepala akan merasa pusing.

Zat besi sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk produksi hemoglobin atau sel darah merah yang bertugas untuk mengalirkan oksigen ke otak dan seluruh tubuh. Peningkatan zat besi yang berlebih malah memicu sakit kepala dan gejala lain seperti mual, lemas, dan nafas pendek .

Kelainan produksi hemoglobin yang berlebih disebut hemokromatosis. Penderita penyakit ini tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi agar tidak merasakan gejala-gejala yang telah disebutkan diatas.

Untuk kandungan tyramine dalam daging kambing, memang bisa memicu kepala pusing 12 jam setelah kita mengkonsumsinya. Demi mencegah datangnya gejala pusing-pusing ini, ada baiknya memang kita menjaga asupan tyramine yang ada di daging merah ini hanya sekitar 8 hingga 18 mg dalam sehari.

Kunjungi media sosial kami :
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage VitanosteenOfficial : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Official Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *