Batasan Garam Maksimal Bagi Penderita Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah yang lebih tinggi dari pada tekanan darah normal. Kebanyakan berpikir hanya orang-orang dewasa atau yang sudah berumur saja yang dapat terkena penyakit ini, namun, ternyata banyak juga anak muda yang menderita hipertensi. Selain genetik, usia memang merupakan salah satu faktor resiko penderita dapat terkena hipertensi. Namun pola hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab tekanan darah menjadi tidak normal.Salah satunya adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Mineral dalam garam memang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam jumlah yang cukup, akan memenuhi kebutuhan tubuh tanpa memberikan dampak neganif yang berarti untuk seseorang. Namun jika asupannya berlebihan, natrium dalam garam akan menyebabkan tekanan darah naik.

Garam yang diserap tubuh dengan berlebihan akan berdampak buruk pada sekl otot polos dan sel otot jantung. Asupan natrium yang tidak terkendali akan membuat sel-sel otot polos dan sel-sel jantung membengkak dan membesar.Kemudian akan juga menyebabkan tergangunya fungsi endotel. Pembuluh darah akan mengalami ketegangan karena peningkatan kolagen dan serat-serat elastin di pembuluh darah. Ekskresi albumin juga akan meningkat.

Konsumsi garam yang tinggi akan menyebabkan kondisi osmolalitas pada darah. Kondisi ini akan mengakibatkan haus dancairan skstrasek meningkat yang menyebabkantekanan darah yang naik juga.

Maka dari itu penderita hipertensi khususnya perlu menjaga asupan garam dan makanan yang mengandung natrium yang tinggi.

Takaran garam normal bagi seseorang setiap hari nya adalah 5 gram.Atau sekitar kurang dari satu sendok teh. Menjalankan diet garam dengan hanya mengonsumsi 3 gram garam per hari mampu menurunkan tekanan darah antara 7 mmHg- 9 mmHg.   Penderita hipertensi berat disarankan untuk menjalani diet garam, yakni hanya boleh membubuhkan garam sebanyak 200-400 miligram garam. Sementara itu, penderita hipertensi sedang disarankan menyuplai tubuh dengan garam sebanyak 600-800 miligram natrium saja. Bagi pasien hipertensi ringan diminta untuk mengontrol konsumsi garam sebanyak 1000-1200 miligram garam atau setara dengan satu sendok teh sehari. Penderita hipertensi juga harus mengimbangi dengan konsumsi biji-bijian, buah, sayur, susu rendah lemak adequate, rendah daging merah dan minuman manis. Makanan mengandung lemak jenuh dan trans harus dihindari juga.

Kunjungi media sosial kami :https://bit.ly/2FsDD0Q
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage VitanosteenOfficial : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Official Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH



Related posts

Leave your comment Required fields are marked *