Puasa Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Puasa merupakan salah satu kegiatan yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kita. Salah satunya adalah dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Meskipun puasa juga memiliki efek negatif yang dapat dirasakan tubuh kita seperti rasa lapar dan haus sepanjang hari, puasa jika dilakukan dengan benar dapat memberikan maanfaat seperti membersihkan tubuh kita, khususnya organ pencernaan, sehingga membuatnya lebih sehat. Selain itu, berpuasa juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah kita.

Berpuasa sangatlah bermanfaat, terutama bagi mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi. Apalagi jika puasa yang dilakukan tidak benar, dengan berbuka puasa dan sahur dengan makanan-makanan yang kurang baik bagi tubuh demi balas dendam karena puasa sepanjang hari. Hal ini justru akan memperburuk kondisi kesehatan dan malah meningkatkan tekanan darah seseorang.

Jika kita dapat melakukan ibadah puasa dengan benar, maka kita akan dapat  semakin baik dalam mengendalikan pola makan kita dan akan cenderung menurunkan asupan kalori harian. Dengan begitu berpuasa juga dapat memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan. Pola makan yang lebih baik akan membuat kita untuk lebih memperhatikan asupan gizi harian, hal ini akan membuat tekanan darah kita menjadi cenderung lebih normal dan terkendali.

Selain baik dalam menjaga pola makan, puasa juga memiliki tujuan untuk mengendalikan emosi dan hawa nafsu. Dengan begitu orang yang menjalankan puasa akan sebisa mungkin untuk sabar dan mengendalikan emosi mereka, dan akhirnya emosi dan stres pun ditekan dan dikendalikan. Pengendalian emosi ini dapat menurunkan pelepasan hormon adrenalin didalam tubuh. Hormon ini dapat memacu jantung untuk memompa darah lebih kencang dan membuat pembuluh darah menyempit. Hasilnya tekanan darah akan meningkat seiring meningkatnya hormon ini. Namun saat emosi ditekan dan dikendalikan, pelepasan hormon ini juga diminimalkan sehingga tekanan darah pun dapat dikendalikan. Pengendalian emosi sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Emosi yang negatif dapat meningkatkan resiki hipertensi dan penyakit kardiovaskuler lain serta komplikasinya seperti penyakit jantung.

Meskipun begitu, lebih sering orang berpuasa tidak memperhatikan hal-hal diatas yang sudah disebutkan. Hasilnya adalah mereka tidak memperhatikan asupan gizi dari apa yang akan mereka makan pada saat berbuaka puasa dan sahur. Hal ini justru akan menghambat ibadah puasa yang dilakukan karena bukannya meningkatkan kesehatan kita, namun akan menurunkannya.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *