Penyebab Daya Tahan Tubuh Melemah

Daya tahan tubuh atau sistem imun kita merupakan tameng untuk melindungi tubuh kita dari berbagai kuman, virus, bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Setiap orang memiliki daya tahan tubuh masing-masing dan harus dijaga dan ditingkatkan dengan makanan dan pola hidup yang sehat. Jika tidak, daya tahan tubuh yang melemah akan menyebabkan kita rentan untuk terserang banyak penyakit, kita akan merasa lelah sepanjang hari dan jatuh sakit.

Untuk menentukan daya tahan tubuh seseorang itu baik atau tidak itu cukup sulit karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti perubahan cuaca, pola makan yang tidak teratur, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan begadang, dan kebersihan lingkungan yang kurang baik dapat menyebabkan sistem imun kita melemah.

Saat kondisi tubuh melemah, kita akan kesulitan melawan mikroprganisme penyebab penyakit, dan akhirnya membuat kita jatuh sakit. Maka dari itu kita perlu mengantisipasinya saat kita merasa tbuh kita melemah. Berikut penyebab daya tahan tubuh lemah yang paling umum dialami.

  • Stres

Kita pasti pernah mengalami kondisi stres dalam kehiduman kita. Biasanya kita akan merasakan sakit kepala, rasa sakit didada, rasa gelisah, dan rasa tegang. Faktor-faktor tersebut akan menyebabkan sistem imun kita menurun dan kita perlu bekerja lebih keras untuk mempertahankan kondisi kesehatan kita.

  • Tidak cukup berolahraga

Berolahraga sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain melatih otot kita, berolahraga juga menjaga kebugaran kita, membantu detoksifikasi racun dari dalam tubuh melalui keringat, dan membantu menurunkan berat badan. Berolahraga juga melatih sel-sel imun kita untuk menjadi lebih kuat khususnya sel neutrofil yang berperan dalam membunuh mikroorganisme yang masuk kedalam tubuh kita. Jika kita kurang berolahraga, tubuh akan menjadi kurang atau tidak aktif dan akan rentan terhadap berbagai mikroorganisme.

  • Kurang tidur

Ketika kita kurang tidur, tubuh kita akan kurang beristirahat. Saat tubuh dan otak kekurangan istirahat, maka akan menyebabkan stres pada tubuh kita yang berakibat sistem imun yang menurun. Saat tubuh dipaksa bekerja pada saat seharusnya beristirahat akan menyebabkan tubuh mengambil lebih banyak nutrisi. Hasilnya, sel-sel imun akan kekurangan nutrisi sehingga bekerja dengan tidak maksimal untuk melawan penyakit.

  • Nutrisi yang tidak seimbang

Saat kita memiliki pola makan yang tidak seimbang, apalagi ditambah pola hidup yang tidak sehat dan jarang berolahraga, akan menyebabkan daya tahan tubuh melemah. Nutrisi penting untung melakukan aktivitas sehari-hari, untuk melakukan seluruh metabolisme didalam tubuh dan juga untuk memenuhi kebutuhan sel-sel imun didalam darah kita. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, dan penyakit jantung. Makanan junk food atau makanan yang berlemak tinggi dapat menekan kekebalan tubuh kita. Mengkonsumsi terlalu banyak gula juga tidak hanya menyebabkan diabetes tapi juga menghambat proses fagositosis sel darah putih untuk menghacurkan virus dan bakteri.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *