Stres Dapat Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting, terutama dalam cuaca yang sedang tidak menentu. Dalam kondisis seperti itu, tubuh sangat rentan terkena penyakit. Menjaga daya tahan tubuh tidaklah hanya sekedar makan makanan bernutrisi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat cukup saja, namun juga harus menjaga dan menghindari diri kita dari stres. Saat seseorang mengalami stres, ia akan masuk kedalam fase yang berbeda yang mana akan mengkikis kemampuan sistem imun tubuh dalam menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Itulah sebabnya, saat kita sedang mengalami stres, kita lebih sering terkena penyakit akibat dari menurunnya kekebalan tubuh kita.

Situasi stres dapat mengurangi berbagai aspek dari respon imun seluler. Stres psikologis mengganggu sistem kekebalan tubuh dengan mengganggu komunikasi antara sistem saraf, sistem endokrin (hormon) , dan sistem kekebalan tuuh. Ketiga sistem ini berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan pesan-pesan kimiawi alami dan harus berkerja dalam koordinasi yang erat agar menjadi efektif.

Stres jangka panjang akan mengakibatkan tubuh untuk mengeluarkan hormon stres terutama glukokortikoid dalam jangka panjang. Hormon ini akan mempengaruhi timus, tempat limfosit diproduksi, dan menghambat produksi sitokin dan interleukin yang merangsang dan mengkoordinasi aktivitas sel darah putih. Selain itu stres dapat mengakibatkan banyak hal terjadi dalam tubuh kita seperti peningkatan kadar kortisol, suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, yang menyebabkan antibodi didalam tubuh menjadi semakin lemah dalam menghadapi vaksin tertentu sperti influensa; terjadi perubahan pada sal T, yaang juga akan berdampak pada penurunan fungsi kekebalan tubuh; Stres dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh sehingga penderitanya akan lebih lemah dan akan membuat sistem imun akan menurun.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *