Menjaga daya tahan tubuh dibulan puasa

Bulan puasa telah tiba, setiap umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Selama satu bulan ini, setiap orang yang menjalankan ibadah puasa akan tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Tentunya kita harus benar-benar pintar dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Apa saja yang perlu kita lakukan untuk mempersiapkan dan menjalankan ibadah puasa agar kondisi tubuh kita tetap terjaga?

Selama bulan puasa, seharian kita tidak akan makan dan minum, artinya kita tidak akan memberikan asupan nutrisi dan cairan kepada tubuh kita sedangkan untuk melakukan aktivitas kita memerlukan asupan nutrisi dan cairan. Bahkan seiring berjalannya waktu kita akan kekurangan energi dan cairan tubuh atau dehidrasi karena hal ini. Untuk itu kita harus memperhatikan asupan makanan yang harus kita makan dan minum supaya asupan tetap bergizi dan membuat tubuh selalu sehat dan bugar dalam bulan puasa.

  1. Kita harus memenuhi asupan makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa, dengan makan makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, dan kaya serat. Saat sahur pastikan asupan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan lain sebagainya.Begitu juga asupan lemak dan protein agar kita tidak lemah dan mudah lelah saat menjalankan aktivitas seharian hingga berbuka puasa.
  2. Saat berbuka dan sahur, kita bisa mengkonsumsi jus buah yang akan membantu proses pencernaan kita sekaligus memberikan asupan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Air putih juga tidak boleh kita lupakan. Pastikan cukupi kebutuhan air dan minum 8 gelas air putih saat berbuka hingga sahur agar terhindar dari dehidrasi.
  3. Hindari makanan-makanan yang tidak baik atau sehat bagi tubuh kita seperti gorengan, makanan berlemak atau yang terlalu pedas. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan kita seperti maag, sembelit dan diare. Jika maslah ini timbul, maka akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan juga mengganggu ibadah puasa kita. Cemilan juga harus kita minimalkan, layaknya coklat atau kue dan menggantinya dengan cemilan yang rendah kalori seperti kurma agar tidak mendapatkan peningkatan berat badan yang berlebih.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *