Bahaya sering makan gorengan

Semua orang pastu tahu akan yang namanya gorengan, dan jug pasti pernah mengkonsumsinya. Semuat macam makanan jenis gorengan pasti memiliki rasa yang nikmat, apalagi bila disantap saat masih hangat-hangatnya dari penggorenggan dengan tekstur yang renyah dan enak. Namun apakah makanan seperti ini sehat untuk kita konsumsi setiap hari? Banyak pertimbangan yang harus kita pikirkan sebelum mengkonsumsi gorengan, karena faktanya mengkonsumsi gorengan setiap hari memungkinkan kita menderita penyakit-penyakit berbahaya seperti kolesterol, radang, hingga stroke dan jantung. Berikut adalah hal yang harus kita ketahui berkaitan dengan mengkonsumsi gorengan.

  1. Kualitas minyak yang digunakan perlu diketahui dengan jelas. Tidak semua gorengan selalu dimasak dengan minyak yang diganti dengan minyak yang baru setiap kali menggoreng. Bisa jadi minyak yang digunakan tidak pernah diganti dan dipakai hingga berulang kali dan warnanya menjadi ciklat kehitaman. Warna seperti ini menunjukkan minyak  sudah mencapai smoke point sehingga kualitasnya menjadi tidak bagus lagi. Minyak ini akan menghasilkan senyawa radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan kita.
  2. Terjadi penambahan jumlah lemak trans pada gorengan akibat proses hidrogenasi yang muncul saat makanan digoreng dengan suhu yang tinggi. Hal ini akan mengubah struktur kimiawi lemak sehingga membuatnya lebih sulit untuk dicerna dalam sistem pencernaan manusia. Akibatnya adalah akan memberikan banyak masalah kesehatan bagi kita.
  3. Makanan gorengan mengandung terlalu banyak minyak. Hal ini disebabkan karena makanan yang digoreng dalam suhu tinggi akan cenderung membuka pori-pori makanan sehingga minyak akan masuk kedalamnya dan semakin lama penggorengan semakin banyak pula minyak yang masuk kedalam makanan kita. Hal ini tentunya tidak baik jika kita mengkonsumsi makanan yang berminyak karena dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak baik.
  4. Meskipun terasa enak dan membuat ketagihan, gorengan dapat meningkatkan resiko kita untuk terkena berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan obesitas. Dengan memakan makanan yang digoreng selama seminggu sekali saja mampu meningkatkan resiko terkena diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung, apalagi jika kita lebih sering mengkonsumsi makanan ini.
  5. Makanan yang digoreng akan memiliki jumlah kalori lebih banyak. Hal ini juga menyebabkan kita untuk merasa tetap lapar saat memakannya karena makanan ini mempengaruhi kerja hormon nafsu makan dan penyimpan lemak. Hal ini akan meningkatkan reaiko kita mendapatkan berat badan berlebih akibat asupan lemak dan kalorinya.
  6. Memiliki kandungan acrylamid yang tinggi, yang berupa zat kimia hasil reaksi dari gula dan asam amino, bernama asparagin. Acrylamide ini sangat berbahaya bagi tubuh karena akan menimbulkan penyakit kanker seperti kanker ginjal, endometrium dan kanker ovarium.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *