Tips olahraga disaat puasa

Bulan Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah. Setiap umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari  matahari terbit hingga terbenam. Lebih dari 12 jam kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dari luar.

Waktu yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan adalah berbeda dari yang biasa kita lakukan sehari-hari, yaitu saat berbuka hingga sahur. Selain waktu yang berbeda, makanan yang kita konsumsi juga biasanya berbeda. Hal ini disebabkan karena tradisi yang telah berjalan sejak dahulu. Beberapa diantaranya adalah makanan-bakanan yang memiliki kandungan gizi yang kurang sehingga akan mempengaruhi kondisi kesehatan kita dan fungsi tubuh kita.

Meskipun berpuasa selama seharian, banyak orang masih mau menyempatkan diri untuk berolahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya akar tetap sehat dan bugar di bulan puasa. Melakukan olahraga memang hal yang baik, apalagi dibulan ramadan ini. Karena olahraga dapat membantu kita untuk mendetoksifikasi racun melalui keringat, menjaga kebugaran tubuh dan menstabilkan metabolisme tubuh kita sehingga tubuh kita dapat berfungsi dengan baik. Namun jika dilakukan secara tidak tepat akan membuat kita menjadi kelelahan dan jatuh sakit. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Waktu Berolahraga

Waktu yang tepat harus diperhatikan, dan sebaiknya tidak dilakukan ketika waktu puasa, karena jika dilakukan saat puasa akan membuat badan menjadi lelah sedangkan kita tidak bisa makan atau pun minum untuk mengganti energi dan cairan yang hilang. Apalagi saat berpuasa, perut masih dalam keadaan kosong, karena ini dapat menyebabpan masalah pencernaan dan kesehatan yang lainnya. Waktu yang disarankan untuk melakukan olahraga adalah waktu sebelum berbuka dan juga waktu setelah berbuka. Berolahraga 30 menit hingga satu jam menjelang berbuka akan meberikan kita asupan nutrisi dan cairan yang hilang saat berolah raga sebelumnya. Sebenarnya, untuk melakukan olah raga saat berpuasa dapat dilakukan kapan saja asalkan tidak menyebabkan kita menjadi kelelahan, lemas, pusing, dan pingsan.

  • Jenis Olahraga

Setelah menentukan waktu yang tepat, kita juga harus menentukan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kita. Jangan sampai kita melakukan olahraga yang terlalu berat karena terlalu bersemangat atau sudah menjadi kebiasaan saat sebelum memasuki bulan puasa.Sebaiknya lakukan olahraga dengan intesitas yang ringan hingga sedang seperti berjalan, jogging, dan bersepeda.

  • Asupan Makanan Dan Minuman

Pola dan waktu makan berubah saat memasuki bulan puasa, porsi makan juga sering kali berubah menjadi lebih banyak saat berbuka dan sahur. Namun yang sebaiknya dilakukan adalah makan dengan porsi yang cukup atau makan dengan jumlah yang sama seperti hari biasanya, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Dan pastikan makanan yang kita makan mengandung berbagai macam zat gizi dan nutrisi yang baik untuk kita seperti, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup sekitar 8 gelas selama berbuga hingga sahur tiba, supaya dapat memenuhi cairan yang hilang saat berpuasa dan melakukan aktivitas sehari-hari termasuk saat berolahraga. Air putih sangat penting bagi tubuh agar kita tidak mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan tubuh melalui keringat dan buang air.

  • Waktu Tidur

Tubuh juga memerlukan waktu untuk beristirahat, apalagi dalam masa bulan puasa kita harus bangun lebih pagi untuk sahur, sehingga kita harus pastikan lama tidur kita cukup, yatu 7-9 jam. Kurangnya waktu istirahat akan berdampak fatal bagi tubuh karena akan merusak tubuh kita apalagi bagi kita yang memiliki banyak kegiatan dan olahraga setiap harinya. Pastikan tidur cukup dan bila perlu tidur siang  untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak jatuh sakit.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *