Mengatur pola makan saat berbuka puasa

Perubahan pola makan yang terjadi saat bulan puasa tiba sering  kali menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit, maag dan diare. Namun jika pola makan saat sahur dan berbuk dilakukan dengan benar maka tidak akan membuat badan menjadi bermasalah melainkan membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar.

Metabolisme tubuh akan berubah seiring waktu bulan puasa tiba, karena frekuensi makan yang berubah dari 3 kali menjadi 2 kali sehari, dan jam makan juga berubah yaitu hanya pada saat berbuka hingga sahur. Asupan nutrisi akan berubah karena hal tersebut. Kurangnya nutrisi dan cairan tubuh akan menyebabkan badan terasa lemas dan bisa menyebabkan pusing hingga kehilangan kesadaran. Namun hal ini tidak akan terjadi jika dilakukan dengan cara yang benar.

Pola makan yang benar saat berbuka puasa memiliki 2 prinsip dasar. Yang pertama adalah pergantian cairan dan elektrolit  tubuh, karena ini yang pertama kali hilang dalam tubuh kita. Yang kedua adalah menaikkan kadar glukosa darah menjadi normal dan stabil karena menjalang berbuka puasa, setelah seharian tidak ada asupan gula akan menyebabkan kadar glukosa dalam tubuh mulai menurun.

Berdasarkan pada Nabi Muhammad SAW, ruthab atau kurma adalah pilihan yang ideal untuk dijadikan takjil saat berbuka. Kurma mengandung serat, mikronutrien seperti kalium, potasium, beta karoten dalambentuk vitamin A, mineral dan zat gula seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa. Kurma mengandung karbohidrat sederhana yang cepat dicerna tubuh. Potasium dalam kurma akanmenstabilkan elektrolit dalam darah. Jika tidak ada kurma, dapat diganti dengan buah-buahan segar. Cairan pada buah sangat berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dan juga jangan lupa minum setidaknya 2 gelas air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Untuk makan malam ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi, memberikan rasa kenyang, dan memberikan kepuasan terhadap cita rasa. Selain menyediakan makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk, dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi buah dan juga sayur.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *