Bahaya sinar UV bagi tubuh

Sebenarnya paparan sinar matahari bagi tubuh sangat diberlukan bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam proses pembentukan  vitamin D. Vitamin D sangan dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kesehatan tulang dan gigi, namun sayangnya vitamin D tidak dapat diproduksi secara mandiri oleh tubuh. Paparan sinar matahari yang tepat juga dapat membantu tubuh kita membunuh kuman penyebab penyakit, dan baik untuk kulit kita. Namun jika radiasai yang diterima adalah berlebihan maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, khususnya  kesehatan kulit  yang berfungsi sebagai pelindung utama paling luar tubuh kita.

Radiasi sinar UV yang berlebihan akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kulit terbakar, kulit cepat keriput, flek hitam, kehilangan elastisitasnya, kulit belang, dan lain sebagainya.Kulit yang terbakar akan mengurangi kemampuan tubuh dalam emngeluarkan keringat sehingga tubuh akan kehilangan fungsi dalam mengendalikan suhu tubuh. Apabila dibiarkan terlalu lama, paparan sinar UV dapat menyebabkan kanker kulit yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya adalah penyakit melanoma yang umum terjadi pada manusia dari golongan usia 15 hingga 29 tahun dan dapat menyebabkan kematian.

Selain masalah pada kulit, sinar UV juga dapat merusak organ mata kita. Kerusakan yang terjadi akibat paparan sinar UV yang berlebihan pada mata dapat menyebabkan katarak, kehilangan penghilangan secara bertahap, kanker mata atau kanker kelopak mata, rusaknya lensa mata, dan pterygium. Oleh sebab itu gunakan kacamata untuk melindungi mata kita dari sinar UV.

Selain itu paparan sinar UV yang terlalu lama juga akan mengganggu sistem kekebalan tubuh kita. Sinar UV dapat menurunkan sistem imun tubuh kita sehingga akan membuat kita lebih lemah dan rentan terinfeksi penyakit entah itu dari bakteri ataupun virus.

Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah, meskipun sinar UV memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan kita, namun kita tidak boleh melupakan dampak buruk yang dapat terjadi jika kita terpapar oleh sinar UV ini dalam jumlah dan waktu yang berlebihan. Semuat tipe kulit memiliki resiko yang sama dalam timbulnya kanker. Tipe kulit apapun rentan terhadap paparan sinar UV terutama bagi mereka yang sering melakukan tanning di pantai atau saat musim panas. Untuk itu kita harus berhati-hati agar tidak mengalami masalahah kulit, penglihatan dan kanker. Gunakan kacamata dan tabir surya jika sering beraktivitas diluar ruangan.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *