Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan kejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan juga timbul rasa panas pada area persendian. Penyakit ini dapat terjadi pada setiap area sendi yang ada pada tubuh kita. Namun biasanya area yang paling sering terserang oleh penyakit asam urat adalah bagian jari tangan, jari dan pergelangan kaki, serta lutut.

Penyakit ini lebih umum diderita oleh laki-laki karena memang lebih mudah menyerang laki-laki dibandingkan perempuan, khususnya bagi mereka yang telah memasuki usia diatas 30 tahun. Sedangkan pada perempuan, penyakit ini juga bisa terjadi dan biasanya lebih banyak menyerang pada perempuan yang telah memasuki dase menopause yaitu mereka yang memiliki usia diatas 40 tahun.

Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita sam urat bisa berlangsung hingga dalam rentan waktu sekitar 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat pada beberapa jam pertama. Meskipun gejala yang bisa dibilang mirip, banyak orang yang sering salah mengartikan asam urat dengan rematik, padahal rematik sendiri merupakan suatu istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Berikut adalah penyebab asam urat.

  • Makanan dan minuman, yang mengandung senyawa purin yang tinggi seperti jeroan hewan, hidangan laut, daging merah, minuman manis, dan minuman beralkohol.
  • Sayuran yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat menyebabkan asam urat karena memiliki kandungan purin yang tinggi seperti bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan dan jamur.
  • Obat-obatan seperti obat yang bersifat deuretik dan aspirin. Proses penyembuhan cidera atau operasi, serta kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan seseorang terkena asam urat.
  • Kelebihan berat badan, karena tubuh akan memproduksi asam urat secara berlebih sehingga kadarnya dapat meningkat secara drastis dalam tubuh.
  • Riwayat keluarga atau keturunan. Sehingga bagi mereka yang memiliki genentik asam urat akan memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena asam urat.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *