Penyebab Infeksi

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit, salah satu penyakit yang umum diderita oleh manusia adalah penyakit infeksi yang bisa disebabkan oleh mikroorganisme. Tiap mikroorganisme ini menyebabkan masalah kesehatan yang berbeda-beda. Meskipun sebenarnya, beberapa jenis dari mikroorganisme ini terdapat dalam tubuh dan tergolong tidak berbahaya, namun mereka dapat menyerang dan menimbulkan gangguan kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Infeksi merupakan proses invasi dan multiplikasi suatu mikroorganisme kedalam tubuh, yang pada keadaan normal, mikroorganisme tersebut tidak terdapat didalam tubuh. Salah satu mikroorganisme yang terdapat dalam tubuh adalah bakteri yang ada didalam mulut dan usus kita, bakteri ini tidak menyebabkan infeksi melainkan membantu sistem pencernaan kita, maka dari itu kita menyebutnya mikroflora normal atau bakteri baik. Terdapat banyak mikroorganisme yang hidup secara alamiah dan biasanya tidak menyebabkan penyakit. Namun ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mereka menimbulkan masalah kesehatan.

Infeksi dapat disebabkan oleh 4 jenis mikroorganisme yang berbeda, yaitu virus, bakteri, jamur, dan parasit. Banyak cara yang dapat dilalui oleh mikroorganisme ini untuk dapat masuk kedalam tubuh kita dan menyebabkan infeksi. Penularannya dapat dibagi menjadi kontak langsung dan kontak taidak langsung. Kontak langsung merupakan jalur penularan yang terjadi secara langsung yaitu yang terdiri atas penyebaran dari orang ke orang misalnya melalui bersentuhan, bersin atau hubungan seksual, hewan ke orang misalnya dari gigitan atau cakaran dan dari kutu, atau dari ibu hamil ke anaknya yang dikandung melalui plasenta. Sedangkan kontak tidak langsung terdiri dari gigitan serangga atau hewan yang hanya merupakan pembawa dari mikroorganisme atau vektor seperti nyamuk, lalat, kutu, dan tungau, dan kontaminasi air atau makanan.

Setelah masuk kedalam tubuh, mikroorganisme itu akan melakukan perubahan-perubahan dalam tubuh kta. Setiap mikroorganisme memiliki cara tersendiri untuk memperbanyak diri mereka sesuai caranya masing-masing yang akhirnya meyebabkan kerusakan caringan dan gangguan fungsi tubuh dengan berbagai mekanisme yang mereka punya seperti mengeluarkan toksin, mengganggu DNA sel normal dan lain-lain.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi :https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen :https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *