Cara Tetap Sehat Dan Segar Selama Puasa

Semua orang tahu saat bulan Ramadan tiba, umat muslim melakukan ibadah puasa untuk menahan lapar dan haus hampir selama 30 hari. Banyak diantaranya yang menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dan bekerja secara maksimal karena badan yang lemas, kurang semangat, mengantung, dan lain-lain . Hal ini akan menurunkan produktivitas kita.

Kondisi ini tentunya terjadi akibat perilaku yang tidak sehat atau pola hidup yang salah yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan kita hingga selama puasa. Untuk itu kita perlu mengurangi hingga menghentikan hal tersebut dan mengubahnya menjadi kebiasaan dan pola hidup yang sehat terutama disaat menjalankan puasa. Marilah kita gunakan bulan yang penuh berkah ini dengan ibadah yang penuh dengan semangat dan kasih.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita terapkan agar terhindar dari kebiasaan yang kurang sehat.

  • Mengkonsumsi serat dan protein saat sahur.

Saat sahur adalah saat yang penting untuk menentukan kekuatan kita selama seharian menahan lapar dan haus. Oleh sebab itu kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan serat. Makanan-makanan yang dapat membuat kita kenyang lebih lama dan membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta yang dapat memenuhi kalori dan energi yang kita butuhkan untuk menghadapi sehari itu. Protein dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi telur, keju, yogurt, kacang dan sejenisnya. Sedangkan serat kita dapatkan dari buah, sayur dan biji-bijian. Dan jangan lupa mengkonsumsi cukup air putih karena kekurangan air dapat menyebabkan kita dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab badan kita terasa lemas, pusing dan dan tidak bersemangat dan sulit untuk berkonsentrasi.

  • Hindari makan yang berlebihan ketika berbuka puasa.

Saat berbuka sering kali kita tergoda untuk makan makanan yang terlalu banyak atau dengan porsi yang besar akibat seharian menahan haus dan lapar. Untuk membuat kita merasa cepat kenyang, kita bisa mengkonsumsi makanan seperti salad dan sup yang sehat sebelum makan makanan berkalori. Hal ini juga dapat menghindari perut kita kaget akibat kosong sehingga tidak akan menimbulkan masalah kenaikan asam lambung, apalagi untuk mereka yang memiliki riwayat maag. Makanan saat berbuka haruslajuga mengandung nutrisi yang seimbang untuk menggantikan nutrisi yang hilang seharian dan juga asupan air yang cukup. Makan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral. Kansumsi buah-buahan atau jus dan air putih yang cukup. Hindari makanan junkfood, makanan yang tinggi kolesterol, dan makanan yang terlalu asam atau pedas.

  • Selingi dengan olahraga ringan.

Puasa bukanlah alasan kita untuk tidak berolahraga. Olahraga sangatlah diperlukan terutama bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Olah raga akan membuat sistem pencernaan kita berjalan lancar dan menghindarkan dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit. Olahraga membuat metabolisme tubuh lancar dan membantu mengeluarkan racun melalui keringat. Olahraga juga dapat melepaskan penat dan stres, serta menjaga kebugarantubuh. Tentunya olahraga yang dilakukan adlaha yang intensitasnya ringan dan dilakukan pada waktu-waktu tertentu misalnya menjelang berbuka puasa sehingga kita dapat langsung mengganti energi dan cairan yang hilang secara langsung tanpa harus membatalkan puasa.

website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *