Mudah Marah Bisa Sebabkan Hipertensi

Kita pasti pernah mendengar nasehat agar jangan mudah marah supaya bisa awet muda dan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, banyak orang juga beranggapan bahwa hipertensi sebabkan orang menjadi lebih mudah emosi dan marah-marah.

Mudah marah tidak hanya memberikan efek negatif bagi kesehatan psikis seseorang saja, namun juga dapat memicu masalah kesehatan lainnya seperti hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat dipicu dengan melakukan ekspresi emosi negatif seperti marah, depresi, dan stres. Hal ini dapat terjadi karena adanya senyawa hormonal didalam tubuh kia yang bertanggungjawab atas stres yang dialamai seseorang. Hormon inin diproduksi oleh kelenjar adrenal dan saraf otak.

Hormon adrenalin dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, memperkuat kontraksi jantung dan membuka bronkiolus di paru-paru. Pelepasan hormon ini dapat dipicu oleh beberapa hal seperti rasa takut, panik, stres, emosi, atau terancam. Mudah emosi dan marah-marah akan menyebabkan pelepasan hormon ini secara berlebih. Kadar hormon adrenalin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan antara lain, sakit kepala atau pusing, pandangan kabur, ganguan tidur,keringat berlebih, jantung berdebar-debar dan kenaikan tekanan darah yang menyebabkan hipertensi.

Peningkatan hormon adrenalin dalam dubuh akan mengecilkan pembuluh darah dan jantung juga akan memompa darah lebih kuat karena berdebar-debar. Hal ini akan menyebabkan seseorang terkena hipertensi. Jika seseorang dengan hipertensi mengalami peningkatan hormon adrenalin, maka akan berakibat buruk bagi kesehatannya, karena dapat menaikkan tekanan darah mereka lebih lagi sehingga bisa memecahkan pembuluh darah, dan menyebabkan penyakit komplikasi lainnya seperti jantung dan stroke.

Karena alasan inilah penderita hipertensi harus rutin memeriksakan tekanan darah mereka, rutin meminum obat, melakukan pola makan yang sehat dan harus memperhatikan kondisi emosinya. Penderita hipertensi juga perlu melatih untuk mengelola pernafasan agar dapat merelaksasi tubuh seperti dengan cara meditasi untuk menenangkan pikiran dan menurunkan kadar hormon yang bisa berakibat fatal bagi mereka.

Kunjungi media sosial kami :
website vitanosteen.co.id :https://bit.ly/2XLMiTU
ig @vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage Vitanosteen.co.id : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube Vitanosteen : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *