Mengejutkan orang dapat picu penyakit jantung

Salah satu penyakit mematikan didunia adalah penyakit jantung, dna banyak orang yang percaya bahwa kaget atau terkejut dapat memicu seseorang untuk terkena serangan jantung.

Ketika terkejut seseorang akan secara otomatis mengaktifkan mode perlindungan diri yang dikenal dengan fight or flight yang berarti melawan atau melarikan diri. Otak akan membaca situasi ini sebagai situasi bahaya dan kemudian akan memerintahkan untuk meningkatkan detak jantung, meningkatkan aliran darah ke otot, memperlambat pencernaan dan melebarkan pupil.

Saat mode ini aktif, otak akan memproduksi hormon adrenalin dan neurotransmiter. Jika zat-zat ini dilepaskan sekaligus dalam jumlah yang besar, maka akan menimbulakan reaksi kimia yang beracun untuk tubuh karena dapart merusak organ kita seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

Hormon adrenalin akan mengalir  dari sistem saraf otak menuju sel otot jantung yang akan menyebabkan kontraksi hebat pada jantung. Jika hormonyang masuk terlalu banyak maka otot jantung akan ters berkontraksi dan akan kehilangan kemampuannya untuk kembali, akhirnya jantung akan berdetak dengan kecepatan yang tidak normal.

Tubuh yang tidak dapat menerima pacuan jantung sekuat ini akan membuat aliran darah keseluruh tubuh akan terhenti secara mendadak karena kegagalan fungsi jantung. Inilah alasan kenapa kaget atau terkejut dapat menyebabkan kematian

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *