Mengenal Meningitis

Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada meningen yang merupakan lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini sering sulit dikenali karena memiliki gejala awal yang mirip dengan gejala penyakit flu yaitu demam dan sakit kepala.

Meningitis dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi virus, bakteri, jamur dan parasit. Kondisi tertentu pada seseorang seperti dayatahan tubuh yang menurun juga dapat memicu resiko terkena meningitis.

Semua orang dapat terkena meningitis dari muda hingga tua, termasuk bayi sekalipun. Jika hal ini tidak dengan cepat ditangani dengan tepat maka akan memperburuk  dan memicu timbulnya komplikasi seperi kejang dan gagal ginjal.

Beberapa faktor pemicu meningitis yaitu:

  • Infeksi mikroorganisme
  • Penyakit kanker dan lupus
  • Efek samping obat dan operasi otak
  • Resiko akan meningkat juga pada ibu hamil atau lupa menjalani imunisasi

Meskipun gejala awalnya mirip seperti gejala flu, meningitis tetap harus diwaspadai karena dapat menimbulkan kejang dan kaku pada leher. Pada bayi dengan usia dibawah 2 tahun yang terkena meningitis akan menunjukkan adanya benjolan di kepala.

Pengobatan meningitus berbeda-beda tergantung penyebabnya, seperti meningitis yang disebabkan oleh mikroorganisme dapat ditangani dengan mengkonsumsi antibiotik, antivirus atau antifungal untuk membunuh mikroorganisme penyebab meningitus, namun dokter akan melakukan terapi yang lainnya jika meningitis disebabkan oleh kanker atau lupus.

Untuk mencegah penyakit meningitis, kita perlu melakukan hidup sehat dan menghindari kondisi yang memicu penyebaran infeksi. Vaksinasi juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2VpLAy4
ig :https://bit.ly/2L07Kmf
forum diskusi :https://bit.ly/2FxJ0gw
fanpage :https://bit.ly/2GAjy9s
youtube :https://bit.ly/2LieQD9

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *