Waspadai Demam Yang Naik Turun

Kadang kita suka menyepelekan kondisi tubuh yang sedang mengalami demam. Demam saja mungkin bukan masalah yang mengancam nyawa, namun demam dapat menandakan adanya penyakit infeksi yang dapat berbahaya. Demam yang biasa mungkin dapat sembuh dalam waktu yang tidak lama. Tetapi terkadang ada juga demam yang naik turun akibat penyakit tertentu dan beresiko menimbulkan komplikasi yang serius.

Kondisi demam dapat dilihat dengan mengukur suhu tubuh jika memiliki suhu yang mencapai 38 derajat Celsius atau lebih. Demam yang naik turun dapat menunjukkan bahwa kita sedang mengalami suatu penyakit tertentu.

Tifus, merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonela yang biasa ditemukan  di wilayah dengan sanitasi buruk dan air bersih terbatas. Penderita akan merasa tidak enak badan selama 1-2 minggu setelah infeksi, muncul nyeri perut, diare atau sembelit, lemas dan demam tinggi hingga 39-40 derajat Celsius. Denan akan cenderung naik turun. Tifus butuh penanganan dokter karena penyakit dapat bertambah barah dan beresiko menyebabkan komplikasi yang serius.

Demam berdarah, merupakan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk A. Aegypti yang terinfeksi virus dengue. Penderita akan merasa sakit kepala, nyeri di belakang mata, nyeri otot dan sendi, letih mual, muntah, tidak nafsu makan dan muncul pendarahan akibat penurunan jumlah trombosit seperti miimisan; juga akan merasa menggigil, muncul bintik-bintik merah yang dapat berlangsung hingga 3 hari. Pada 1 minggu pertama penderita akan mengalami demam hingga 40 derajat Celsius atau lebih, kemudian suhu tubuh akan turun untuk beberapa hari dan akan naik lagi namun tidak setinggi sebelumnya. Gejala tersebut akan muncul 4-7 hari setelah infeksi dan akan berlangsung selama 10 hari.

Malaria, merupakan penyakit akibat gigitan nyamuk Anopheles yang membawa parasit penyebab malaria. Gejala akan muncul setelah 7-15 hari setelah digigit, namunada juga yang baru terlihat gejala setelah 1 tahun kemudian.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *