Jari tangan sering kaku

Jari tangan kaku adalah kondisi yang tidak hanya membuat jari tiba-tiba sulit digerakkan atau terkunci pada posisi tertentu, tapi juga terasa cukup menyakitkan akibat tendon pada jempol atau jari tangan mengalami peradangan.

Dalam keadaan normal, pergerakan tangan dapat berjalan dengan lancar, namun pada kondisi tertentu  tendon dapat mengalami pembengkakan dan peradangan. Pergerakan pun akan menarik tendon yang meradang melalui selubung tendon yang menyempit, hingga akhirnya menumbulkan bunyi.

Berikut adalah beberapa kemungkinan yang terjadi ketika kita mengalami jari tangan yang kaku.

  • Osteoarthritis pada bagian tangan

Osteoarthritis atau radang sendi yang menyerang bagian tangan akan menyebabkan rasa nyeri pada beberapa jari tangan. Penderita akan merasa bagian tangan dan jari merasa kaku. Rasa sakit mungkin akan menghilang namun bengkak dan radang akan menetap. Dalam kondisi tertentu benjoalan kista akan terasa sakit dan menyebabkan jari membengkok ke samping. Hal ini akan membuat kita sulit melakukan kegiatan sehari-hari.

  • Rheumatoid arthritis

Merupakan jenis peradangan sendi  yang disebabkan karena autoimun di mana sistem kekebalan tubuh  menyerang jaringan tubuk kita sendiri. Penyakit ini akan menyerang selaput yang membungkus cairan sendi atau membran sinovial dan akan menyebabkan pembengkakan yang terasa sakit dan terjadi perubahan bentuk sendi dan erosi tulang. Penyakit ini lebih sering menyerang wanita terutama yang berusia diatas 40 tahun. Gejala yang muncul seperti  jari tangan kaku pada pagi hari dan setelah beraktivitas, sendi membengkak dan terasa hangat, bisa juga disertai demam, nerat badan menurun, kelelahan, dan muncul benjolan di bawah kulit bagian kengan. Gejala dapat datang dan pergi dan bervariasi tingkat keparahannya, serta akan meimbulkan kerusakan dan pergeseran sendi seiring berjalannya waktu.

  • Penyakit asam urat

Merupakan salah satu jenis radang sendi yang dapat menimbulkan rasa kaku, nyeri, dan bengkak. Jika penyakit ini terjadi terlalu lama, makan akan menyebabkan kerusakan pada jaringan penyambung seperti tendon, sendi, dan tulang. Penyakit ini lebih sering dialami oleh pria. Penyakit asam urat disebabkan karena asam urat yang terlalu banyak dalam aliran darah dan akan mengkristal didalam sendi dan menimbulkan kerusakan.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig :https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *