Urine Berwarna Gelap

Setiap orang memiliki warna urine yang berbeda tergantung seberapa banyak air yang dikonsumsi. Semakin banyak air putih yang diminum, semakin jernih warnanya. Didalam urine terdapat berbagai macamzat buangan yang tidak diperlukan tubuh, termasuk racun yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Perubahan warna yang muncul pada urine kita terjadi ketika terdapat masalah kesehatan didalam tubuh. Oleh karenanya, tes urine menjadi salah satu indikator tang dapat menunjukkan status kesehatan seseorang.

Warna urin normal/sehat adalah kuning muda atau keemasan yang berasal dari pigmen tubuh (urochrome). Warna urin yang bening tidak berwarna menandakan tubuh sudah terhidrasi dengan cukup. Sedangkan warna urin tertentu dapat disebabkan oleh mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Terdapat beberapa penyakit yang dapat ditunjukkan ketika warna urine  yang keluar tidak seperti pada normalnya.

  1. Dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, warna urine akan menjadi kuning tua karena tubuh kekurangan cairan yang dapat menimbulkan gejala seperti pusing, hilang fokus dan kelelahan.
  2. Hematuria yang ditandakan dengan perubahan warna urine berwarna merah atau kecoklatan akibat adanya darah didalam urine. Penyakit ini biasanya muncul akibat kondisi medis lain yang mendasarinya, misalnya infeksi saluran kemih atau batu ginjal.
  3. Penyakit seksual yang akan membuat warna urin menjadi kuning pekat seperti infeksi clamidia.
  4. Gangguan hati seperti hepatitis, sirosis, dan kanker hati yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *