Apa Itu Tinea Capitis?

Tinea capitis merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur  dermatofit pada kulit kepala dan batang rambut. Gejala yang mungkin dialami adalah kulit kepala bersisik dan pitak, hingga peradangan dan kebotakan yang meluas.

Penyakit ini lebih banyak diderita oleh anak-anak, terutama laki-laki yang berusia 3-7 tahun. Penyakit ini dapat dengan mudah menyebar melalui perantara benda yang terpapar jamur dermatofit atau kontak langsung dengan binatang atau orang lain yang sudah terinfeksi.

Tinea capitis sangat mudah menular dan menyebar. Penyakit ini disebabkan karena jamur dermatofit yang berkembang pada jaringan kulit terutama yang lembab dan berkeringat, serta menyerang lapisan luar kulit kepala dan batang rambut. Berikut ini adalah cara-cara penyebaran penyakit tinea capitis yang disebabkan oleh jamur dermatofit:

  • Penyebaran antarmanusia melalui kontak kulit langsung. Jenis jamur dermatofit yang kerap menular melalui cara ini adalah T. violaceum, M. audouinii, M. ferrugineum, T. rubrum, T. schoenleinii, T. yaoundei, T. soudanense, dan megninii.
  • Penyebaran dari benda ke manusia melalui benda yang tercemari jamur. Contoh jamurnya adalah gypseum dan M. fulvum.
  • Penyebaran dari hewan ke manusia. Contoh jamurnya adalah T. verrucosum (dari hewan ternak), M. distortum (dari kucing), T.  mentagrophytes var equinum (dari kuda), dan M. nanum (dari babi).

Penderita tinea capitis akan mengalami gejala-gejala seperti:

  • Terdapat bentuk seboroik di kulit kepala yang ditandai kulit bersisik dan kerontokan rambut yang tidak terlalu terlihat.
  • Terdapat pola pustula (bernanah) berkerak dalam satu lokasi atau menyebar.
  • Terdapat titik hitam, yang merupakan tanda kerontokan rambut dari kulit kepala yang bersisik.

Pengobatan tinea capitis dapat dilakukan dengan menggunakan obat anti jamur pemberantas jamur dermatofit dalam bentuk shampo seperti produk yang mengandung selenium sulphide povidone iodine atau ketoconazole yang dilakukan 2 kali sehari dalam seminggu selama 1 bulan. Kemutian disarankan untuk menemui dokter kembali.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *