Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar didada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Penyakit ini cukup umum terjadi pada masyarakat.

Penyakit ini pada umumnya disebabkan karena tadak berfungsinya lower esophageal spintchter (LES) yang merupakan lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus dan berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika ada makanan turun ke lambung, kemudian LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Ketika LES longgar dan tidak berfungsi dengan baik, makan asam lambung dapat keluar dan menyebabkan penyakit ini. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor terkait keturunan, stres, konsumsi obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroperesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Gejala yang terjadi antara lain sensasi terbakar pada dada atau nyeri ulu hati yang berakibat rasa yang tidak nyaman setelah mengkonsumsi makanan. Mulut dan kerongkongan juka akan terasa tidak nyaman dan kita akan kesulitan menelan karena sakit. Perawatan serius dibutuhkan jika gejala GERD muncul terus menerus.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *