Cek Kolesterol

Cek kolesterol tidak hanya perlu dilakukan oleh orang tua saja, tapi juga orang dengan usia muda juga. Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi dan bisa mengancam siapa pun tanpa kenal usia.

Pemeriksaan kadar kolesterol dilakukan dengan pemeriksaan medis yang berupa tes darah untuk mengukur jumlah zat kima total (kolesterol dan trigliserid) didalam darah. Dengan cek ini, dapat dilihat kadar kolesterol seseorang dan ditentukan apakah memiliki kolesterol tinggi atau tidak.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu timbulnya penyakit lainya dan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Inilah salah satu manfaat dengan cek kolesterol secara rutin karena dapat berguna untuk mendeteksi resiko tersebut. Karena pada umumnya kolesterol tinggi tida menimmbulkan tanda atau kejala sehingga pemeriksaan kolesterol harus dilakukan secara rutin terutama bagi yang memiliki riwayat keluarga.

Tes kolesterol lengkap meliputi pengukuran terhadap 4 jenis lemak dalam darah, yakni HDL (kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat), trigliserid, dan total kolesterol (total keseluruhan dari jenis kolesterol). Hasil pemeriksaan kolesterol yang ideal adalah sebagai berikut:

  • LDL: kurang dari 130 mg/dL (semakin rendah jumlahnya, semakin baik).
  • HDL: lebih dari 60 mg/dL (semakin tinggi jumlahnya, semakin baik).
  • Kolesterol total: kurang dari 200 mg/dL (semakin rendah jumlahnya, semakin baik).
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL (semakin rendah jumlahnya, semakin baik).

Seseorang disebut memiliki kolesterol tinggi apabila hasil pemeriksaan kolesterol LDLnya lebih dari 190 mg/dL, atau total kolesterolnya lebih dari 240 mg/dL.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *