Kenali Batasan Terendah & Tertinggi Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan tetapan ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah akan bervariasi setiap saat, tergantung pada aktivitas yang sedang dan telah dilakukan. Tekanan darah bisa dikatakan normal apabila tekanannya pada angka yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Tekanan darah normal terjadi saat tubuh dalam keadaan yang sehat dan bugar.

Di mana setiap orang memiliki tekanan darah yang berbeda-beda yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari gaya hidup, aktivitas, usia, emosi, obat-obatan yang dikonsumsi, hingga beberapa hal lainnya.

Tekanan darah normal seseorang dapat berubah setiap harinya, tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhi. Tekanan darah manusia akan menunjukan angka stabil pada saat seseorang memasuki usia remaja hingga dewasa yang mana di usia ini akan memiliki tekanan darah normal di angka berkisar 120/80 mmHg.

Bila nilai tekanan darah tidak normal, maka akan seseorang dapat/sedang mengalami tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Tekanan darah tinggi atau biasa dikenal dengan hipertensi merupakan kondisi dimana nilai tekanan darah diatas normal, di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 mmHg. Ketika seseorang mengalami hal ini, maka akan memicu stroke, gagal jantung kongestif, gagal ginjal, pengerasan arteri, dan komplikasi lainnya. Sedangkan tekanan darah rendah atau disebut dengan hipotensi, merupakan kondisi disaat nilai tekanan darah dibawah normal. Seseorang dapat dikatakan hipotensi ketika tekanan darahnya mencapai 90/60 mmHg atau kurang dari itu. Penderita akan merasakan gejala seperti pusing, dehidrasi, sulit berkonsentrasi, mual, kelelahan, penglihatan kabur, hingga pingsan. 

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH





Related posts

Leave your comment Required fields are marked *