Penyakit-penyakit ini mungkin mengintai penderita kolesterol tinggi

Seseorang dengan kolesterol tinggi akan memiliki kadar lemak yang berlebih didalam darah dan jika dibiarkan akan mengendap pada pembuluh darah dan menghambat alirannya. Kondisi ini dapat menimbulkan terjadinya berbagai macam penyakit lainnya seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Hipertensi

Hipertensi terjadi saat tekanan dalam pembuluh darah melebihi tekanan darah normal yaitu 120/90 mmHg. Salah satu penyebabnya adalah akibat penumpukan kolesterol yang membuat pembuluh darah menyempit, sehingga jantung perlu bekerja lebih keras dan memberikan tekanan ekstra untuk memompa darah. Jika dibiarkan, maka kinerja jantung pun akan ikut terpengaruh.

Penyakit jantung koroner

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak atau plak pada dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di jantung. Hal ini dapat membuat aliran darah ke jantung meturun dan terjadi penyakit jantung koroner. Jika tidak segera diatasi, akan menyebabkan serangan jantung.

Stroke

Lemak tidak hanya terdapat pada pembuluh darah jantung, namun juga dapat menumpuk pada pembuluh darah otak. Hal ini akan membuat aliran darah ke otak tersumbat, dan otak akan kekurangan nutrisi dan oksigen, sehingga menyebabkan stroke.

Penyakit arteri perifer

Penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol tinggi juga dapat terjadi pada pembuluh darah kecil yang dikenal sebagai penyakit arteri perifer. Pembuluh darah yang sering terkena penyakit arteri perifer adalah pembuluh darah di tungkai dan kaki dan pembuluh darah di ginjal.

Kunjungi media sosial kami :
website : https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *