Bahaya Mengkonsumsi Daging Mentah

Daging hewan mulai dari daging merah, unggas, dan ikan, memang mengandung banyak zat gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita mengkonsumsinya. Salah satunya adalah tingkat kematangannya. Sebaiknya hindari mengkonsumsi daging mentah, karena dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan seperti berikut ini.

  • Infeksi cacing

Daging mentah sendiri mengandung berbagai jenis cacing pita di dalamnya. Misalnya, cacing taenia saginata (sapi) dan cacing diphyllobothrium latum (ikan). Siklus cacing ini dimulai dari telur, larva, dan cacing dewasa yang nantinya kembali menghasilkan telur. Ketika tubuh sudah terinfeksi cacing pita biasanya akan mengalami mual, diare, sakit perut, lemas, kehilangan nafsu makan, terus merasa lapar, berat badan menurun, dan defisiensi vitamin. Larva cacing pita bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh dan menggerogoti bagian vital tubuh. Mulai dari jantung, hati, hingga otak yang dapat berujung pada kematian.

  • Resiko salmonellosis

Mengonsumsi daging mentah dapat menyebabkan penyakit salmonellosis yang disebabkan oleh bakteri salmonella yang masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi telur setengah matang. Selain telur setengah matang, daging ayam dan ikan juga memungkinkan terdapat salmonella karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Kondisi ini memudahkan si bakteri untuk berkembang biak dan hidup di dalamnya. Bakteri ini bisa menyebabkan peradangan di saluran pencernaan usus besar dan kecil. Penderita bisa mengalami gejala seperti mual muntah, sakit kepala, demam tinggi, sakit perut, diare, dan adanya darah pada tinja.

  • Masuknya parasit

Parasit yang masuk melalui mengkonsumsi makanan mentah dapat menyebabkan masalah seperti anisakiasis yaitu penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing anisakid nematodes yang menyerbu dinding perut atau usus manusia dan dapat menyebabkan masalah pada tubuh seperti sakit perut, muntah dan panas badan selama seminggu.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *