Pentingnya Vaksin Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang menakutkan bagi wanita dan telah memakan banyak korban. Salah satu cara untuk menekan resiko terkena kanker serviks adalah dengan pemberian vaksin kanker serviks.

Sebagian besar penyebab kanker serviks ditularkan melalui hubungan seksual yang disebabkan oleh virus HPV. Vaksin kanker serviks diberikan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut.

Terdapat sekitar 40 persen dari seluruh jenis virus HPV dapat menyebabkan infeksi di daerah kelamin, dan beberapa jenis tertentu dapat memicu kanker serviks. Oleh karena itu, ada beberapa jenis vaksin HPV yang kini dapat dimanfaatkan, sesuai dengan jenis virusnya, yaitu:

  • Jenis pertama digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra kanker. Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang umum menyebabkan kanker. Vaksin HPV ini ditujukan untuk wanita berusia 10-25 tahun.
  • Jenis kedua adalah Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16 dan HPV-18, vaksin ini juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan pada usia 9-26 tahun.
  • Jenis terakhir yaitu Gardasil 9. Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu mencakup HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang juga merupakan penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *