Berbahayakah mengkonsumsi makanan tinggi purin

Banyaknya purin yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya kenaikan kadar asam urat atau terjadinya penumpukan asam urat di dalam darah. Kondisi ini biasanya dikenal dengan penyakit asam urat. Tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan rasa sakit akibat terbentuknya kristal asam urat pada daerah persendian.

Gejala yang ditimbulakan berupa pembengkakan dan rasa sakit yang menusuk tajam di malam hari yang biasa dirasakan pada daerah lutut, pergelangan kaki, atau sendi-sendi jari kaki terutama pada jempol kaki. Penyakit asam urat ini memang masih satu golongan dengan penyakit radang sendi.

Tingginya asam urat sering kali disebabkan oleh ginjal yang tidak mampu menyaring kadar asam urat dengan baik. Hal ini biasanya dipicu oleh beberapa hal, antara lain obesitas, diabetes, konsumsi obat jenis diuretik, alkohol, dan mengkonsumsi makanan yang memiliki purin yang tinggi. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman tinggi purin yang perlu diperhatikan pengkonsumsiannya.

  • Jeroan, seperti hati, ginjal, otak, dan organ dalam lainnya yang biasanya ditemukan pada berbagai masakan.
  • Daging, termasuk sapi, domba, dan babi serta konsumsi daging lain dalam jumlah yang besar.
  • Ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), haring, dan kerang.
  • Kuah daging yang lebih kental.
  • Bir.

Asam urat tinggi tidak selalu disertai dengan gejala, sehingga salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi risikonya, yaitu dengan lebih memperhatikan lagi dalam memilih dan mengonsumsi makanan yang ada.

Ketika penyakit asam urat ini todak diatasi dengan tepat, kristal padat ini akan menyebabkan berbagai penyakit atau kondisi berbahaya, mulai dari kerusakan sendi, penyakit tophi, batu ginjal, penyakit jantung koroner, diabetes, katarak, pengkristalan asam urat di paru-paru dan gagal ginjal.

Kunjungi media sosial kami :
website : https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *