Bahaya Mana Diabetes Melitus Atau Diabetes Insipidus?

Diabetes melitus dan diabetes insipidus keduanya merupakan penyakit yang berbahaya. Namun masih banyak orang yang mengira bahwa kedua penyakit ini adalah mirip dan berkaitan. Padahal keduanya adlaah penyakit yang berbeda.

Diabetes insipidus terjadi karena gangguan hormon ADH yang menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, penderita diabetes insipidus merasa sangat haus meski sudah banyak minum air. Pengidap diabetes insipidus juga cenderung memproduksi urine dalam jumlah besar. Sedangkan diabetes melitus (DM) terjadi akibat tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah akibat autoimun (DM tipe 1) ataupun resistensi insulin (DM tipe 2). Penyakit diabetes berkembang secara bertahap dan berpotensi sebabkan komplikasi yang mengancam nyawa. Komplikasi akibat diabetes antara lain penyakit kardiovaskular, gagal ginjal, dan penyakit kronis lainnya.

Jika kita lihat dari komplikasinya, diabetes melitus lebih berbahaya dibandingkan dengan diabetes insipidus. Diabetes melitus masuk ke dalam golongan penyakit kronis yang merupakan penyebab kematian nomor enam paling tinggi di dunia. Meskipun begitu, bukan berarti kita bisa menyepelekan penyakit diabetes insipidus.

Kunjungi media sosial kami :
website : https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *