Apakah Tato Menyehatkan?

Tato adalah gambar (lukisan) pada kulit tubuh. Sedangkan menato adalah melukis pada kulit tubuh dengan cara menusuki kulit dengan jarum halus kemudian memasukkan zat warna ke dalam bekas tusukan itu. Tato seringkali dijadikan sebagai cara untuk mengekspresikan diri atau menunjukkan identitas diri/kelompok tertentu. Bahkan, saat ini tato tidak hanya digunakan untuk aplikasi medis, namun juga digunakan untuk aplikasi non medis misalnya untuk membuat make up yang permanen, seperti sulam bibir atau alis. Namun kita perlu hati-hati, karena tato dapat berbahaya bagi kesehatan.

Jika pembuatan tato tidak menggunakan alat yang steril, maka akan meningkatkan risiko infeksi. Berikut adalah beberapa risiko atau bahaya tato yang bisa kita alami, terutama jika menato dengan alat yang tidak steril :

Infeksi. Pembuatan tato dengan alat yang tidak steril meningkatan risiko terjadinya infeksi virus, bakteri, ataupun jamur seperti HIV atau hepatitis C . Infeksi juga dapat terjadi akibat tinta yang digunakan saat menato. Jika setelah menato kulit kita menjadi merah, bengkak, sakit, atau mengering, kita perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Reaksi alergi. Reaksi alergi dapat disebabkan oleh tinta yang digunakan. Pewarna atau logam tersebut dapat melukai jaringan atau menyebabkan pembengkakan atau ruam pada kulit.

Menyulitkan pemeriksaan kulit. Tato dapat menutupi kemungkinan masalah pada kulit. Dokter akan kesulitan saat melakukan pemeriksaan kulit atau saat mencari tahi lalat yang mungkin bersifat kanker.

Paparan sinar matahari membuat tato gatal. Bagi sebagian orang, paparan sinar matahari bisa menyebabkan tato menjadi gatal dan kemerahan. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kandungan yang terkandung dalam tinta yang digunakan untuk menato

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *