Apakah jantung berdebar salah satu gejala penyakit jantung

Jantung setiap makhluk hidup pasti berdetak setiap saat, namun ada kalanya jantung kita berdetak lebih cepat dan kencang. Kita perlu berhati-hati, situasi yang umumnya tergolong normal ini kadang dapat juga menjadi gejala penyakit serius.

Jantung berdebar (palpitasi) merupakan sensasi ketika jantung terasa berdegup dengan kencang. Pada kondisi tertentu, jantung berdebar ini bisa menjadi pertanda gejala penyakit jantung. Namun pada dasarnya jantung berdebar bukanlah suatu yang berbahaya dan hanya terjadi sesekali karena suatu hal. Banyak hal yang dapat menyebabkan kondisi ini kita alami, mulai dari penyebab sederhana hingga penyebab yang berbahaya.

Ketika merasa panik, cemas, takut, terlalu gembira, ketika melakukan olahraga intensif, atau ketika sedang terburu-buru, maka hormon adrenalin akan dilepaskan dan membuat jantung kita berdebar.

Mengkonsumsi makanan, minuman tertentu juga dapat menyebabkan jantung kita berdebar seperti makanan pedas, minuman berkafein, atau merokok.

Kondisi-kondisi kesehatan tertentu juga bisa membuat jantung kita berdebar misalnya:

  • Anemia
  • Hipertiroidisme
  • Dehidrasi
  • Hipotensi
  • Demam
  • Gangguan jantung seperti aritmia
  • Gangguan elektrolit

Selain itu pada wanita, jantung berdebar dapat menjadi gejala akibat hormon pada masa kehamilan, menstruasi bahkan menopause, yang pada umumnya tidak membahayakan.

Obat-obatan tertentu juga ada yang memiliki efek samping jantung berdebar seperti obat jenis antibiotik, bronkodilator, antihistamin, dan jenis stimulan seperti pseudoefedrin.

Kunjungi media sosial kami :
website : https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *