TIPS MENJAGA KESEHATAN EMPEDU

Tips Menjaga Kesehatan Empedu (web)

Empedu adalah salah satu organ yang penting. Menjaga kesehatannya merupakan hal yang harus dilakukan. Seperti organ lainnya dalam pencernaan, gangguan pada empedu juga dapat berdampak pada proses pencernaan kita. Empedu sendiri merupakan cairan yang berfungsi untuk menguraikan lemak sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Cairan ini diproduksi oleh hati, kemudian disimpan sementara dalam kantung empedu dan dialirkan melalui saluran empedu ketika dibutuhkan. Menjaga kesehatan empedu bisa dilakukan melalui pola makan dan gaya hidup.

  1. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan empedu

Makanan yang menyehatkan empedu adalah makanan yang rendah lemak dan kolesterol, serta tinggi serat dan protein. Untuk itu disarankan mengonsumsi makanan seperti:

  • biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah
  • ikan, ayam, dan daging merah rendah lemak
  • buah-buahan dan sayuran
  • produk susu rendah lemak
  • kacang kenari, biji rami (flaxseed), dan minyak nabati

Konsumsi bahan makanan tertentu seperti kopi dan selai kacang juga disinyalir dapat membantu menjaga kesehatan empedu. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan Anda tetap disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sewajarnya.

  • Membatasi jenis makanan tertentu

Jika terdapat makanan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan empedu, maka ada pula makanan yang dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan empedu. Jenis makanan ini banyak mengandung karbohidrat olahan dan lemak jenuh. Cobalah membatasi, atau bahkan menghindari, makanan seperti:

  • makanan yang diolah berkali-kali
  • makanan yang digoreng
  • daging merah tinggi lemak
  • produk susu tinggi lemak seperti es krim, keju, dan mentega
  • Menjaga berat badan ideal

Obesitas, operasi penurunan berat badan, dan jenis diet tertentu dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kantung empedu. Sedapat mungkin, pertahankan berat badan ideal dan mulailah lebih aktif bergerak agar empedu tetap sehat. Bila berat badan berlebihan, cobalah menguranginya secara perlahan. Tidak perlu diet ketat demi menurunkan berat badan secara drastis, sebab hal ini akan merangsang hati untuk mengeluarkan lebih banyak kolesterol menuju empedu. Akibatnya, keseimbangan empedu akan terganggu dan dapat memicu pembentukan batu empedu.

  • Memperbaiki gaya hidup

Salah satu gangguan yang sering terjadi pada empedu adalah refluks empedu. Kondisi ini ditandai dengan naiknya cairan empedu ke dalam lambung, dan bisa naik hingga kerongkongan. Tidak jarang, refluks empedu terjadi bersamaan dengan refluks asam lambung / GERD

Di samping menjalani pola makan yang menyehatkan empedu, kita juga bisa mencegah refluks empedu dengan memperbaiki gaya hidup. Beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya:

  • makan dengan porsi lebih kecil
  • menjaga badan tetap tegak selama 2-3 jam setelah makan
  • tidur dengan bantal tinggi
  • tidak merokok
  • menghindari konsumsi alkohol
  • menjaga tubuh tetap rileks

Selain bermanfaat untuk kelangsungan sistem pencernaan, menjaga kesehatan empedu juga penting untuk mencegah kondisi lain yang lebih berbahaya seperti batu empedu dan kanker kantung empedu.

Belum terlambat apabila kita ingin memulai gaya hidup yang lebih baik demi kesehatan sistem pencernaan. Mari, mulai dengan mengubah kebiasaan makan sehari-hari menjadi lebih sehat.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *