CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mencegah pastinya adalah hal yang lebih baik daripada mengobati, termasuk untuk menjaga kesehatan mata. Mata adalah salah satu organ indera yang penting bagi kita. Tanpa ada mata kita tidak akan bisa melihat dan melakukan kegiatan sehari-hari dengan normal. Menjaga kesehatan mata dapat menghindarkan kita dari risiko penyakit mata hingga hilangnya indra penglihatan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

  • Rutin Memeriksakan Mata

Semua orang, pria dan wanita, tua ataupun muda, dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali. Dengan rutin memeriksakan mata dapat mendeteksi lebih awal masalah pada mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun juga akan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali agar dapat mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. Sedangkan untuk anak-anak harus diperiksakan setidaknya dua tahun sekali, untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat memengaruhi kemampuan belajar anak.

Kita juga perlu mencari tahu riwayat kesehatan mata dalam keluarga. Karena banyak penyakit atau masalah kesehatan mata yang dapat diturunkan secara genetik dari orang tua ke anak. Dengan pemeriksaan kesehatan mata ke dokter, berbagai penyakit mata dan gejalanya dapat dideteksi lebih dini dan pengobatannya pun tentu akan lebih mudah.

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, dapat membantu mencegah masalah mata terkait usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Semua nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

  • Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Menatap layar  komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah dan menimbulkan masalah kesehatan pada mata. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan penglihatan kabur. Jika bekerja di depan komputer sepanjang hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jika mata terasa kering, biasakan mengedipkan mata untuk membuatnya lebih lembab.

  • Memakai Kacamata Hitam

Tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar matahari, mata juga perlu perlindungan. Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dapat beresiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata. Oleh karena itu, gunakanlah kacamata hitam yang dapat mencegah paparan sinar UVA dan UVB, serta kenakan topi ketika berjalan-jalan di siang hari.

  • Tidak Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik akan menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok juga bisa menyebabkan penimbunan plak pada pembuluh darah dan melemahkan arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

  • Rajin Olahraga

Olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Untuk Download gambar/foto/video tipe multipost, bisa gunakan aplikasi “SwiftSave” yang bisa di download di playstore dan untuk copy artikel/deskripsi bisa gunakan iSave Instagram

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *