BAGAIMANA CARA MENGATASI DEMAM BERDARAH

Bagaimana Mengatasi Demam Berdarah?

Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis.

Untuk menangani demam berdarah tidak ada metode yang khusus. Terapi pengobatan yang dilakukan adalah untuk meringankan dan mengatasi gejala serta mencegah infeksi virus semakin memburuk. Dokter akan menganjurkan pasien melakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Minum banyak cairan dan istirahat yang cukup.
  • Mengonsumsi obat penurun panas, untuk meredakan demam. Namun hindari aspirin atau Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS), karena dapat memperparah perdarahan.

Selain itu, dokter juga akan menyarankan pasien untuk selalu memerhatikan jumlah urine yang keluar terkait dengan tanda dan gejala dari kondisi dehidrasi yang bisa dialami pasien.

Jika dibutuhkan, pasien akan diberikan asupan cairan melalui infus. Pemberian cairan infus akan dilakuakan bersama dengan pemantauan detak jantung, denyut nadi, tekanan darah, dan jumlah urine yang keluar.

Demam bisa saja mereda setelah 3-7 hari. Namun, kondisi ini bisa menjadi tahap yang kritis bagi pasien. Gejala yang lebih berat dapat muncul 1-2 hari setelahnya. Pada fase ini, dokter harus terus memantau kondisi pasien selama suhu badan pasien turun ke normal.

Kunjungi media sosial kami :
website : https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *