KAPAN SEBAIKNYA MENGOBATI BATUK BERDAHAK ?

Kapan Sebaiknya Mengobati Batuk Berdahak ?

Batuk berdahak merupakan salah satu tanda adanya infeksi bakteri atau virus di dalam saluran pernapasan. Jika tidak diatasi, batuk berdahak dapat mengganggu istirahat serta aktivitas Anda.

Batuk sendiri adalah reaksi pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang mengiritasi atau menginfeksi saluran pernapasan. Benda asing tersebut bisa berupa debu, bakteri, atau virus. Salah satu jenis batuk adalah batuk berdahak yang menghasilkan lendir. Biasanya batuk jenis ini terjadi saat Anda mengalami flu atau infeksi tenggorokan.

Segera obati batuk berdahak. Berdasarkan jangka waktunya, baik batuk berdahak maupun batuk kering bisa dikategorikan menjadi akut dan kronis. Batuk akut dapat berlangsung kurang dari tiga minggu, sedangkan batuk kronis dapat bertahan lebih dari 8 minggu. Penyebab batuk berdahak karena infeksi virus umumnya tidak memerlukan pengobatan dan akan sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Namun, batuk berdahak sering kali dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan Anda saat beristirahat. Anda mungkin akan merasa sulit bernapas akibat menumpuknya dahak di tenggorokan. Tidur malam pun mungkin terganggu karena dahak akan menumpuk di belakang tenggorokan ketika Anda berbaring.

Batuk berdahak yang tak kunjung sembuh juga dapat menyebabkan berbagai masalah lain, seperti pusing, sakit kepala, suara serak, keringat berlebihan, kelelahan, susah tidur, dan gangguan kencing.

Tak hanya masalah fisik, batuk berdahak berkelanjutan juga dapat memengaruhi keadaan psikologis. Anda bisa saja menjadi malu untuk berinteraksi dengan orang lain dan orang lain mungkin akan menjauhi Anda karena takut tertular. Selain itu, kadang Anda juga jadi harus absen sementara dari kegiatan sosial, seperti tidak masuk sekolah atau kuliah, tidak masuk kantor, tidak bisa pergi dengan teman.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *