CARA MENJAGA KESEHATAN TELINGA

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga merupakan salah satu indera yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Seiring bertambahnya usia, kemampuan telinga untuk mendengar akan semakin menurun. Sama seperti mata yang bisa mengalami penurunan kemampuan untuk melihat saat kita semakin tua. Untuk itu, kita harus menjaga kesehatan telinga mulai dari sekarang, sedini mungkin. Beberapa hal berikut ini dapat dilakukan  untuk menjaga kesehatan telinga kita.

  1. Bersihkan telinga dengan cara yang benar secara berkala. Namun perlu diperhatingan, bahwa membersihkan telingan menggunakan cotton bud secara rutin dapat mengakibatkan hal yang buruk bagi kesehatan telinga kita. Memasukkan cotton bud kedalam telinga tidaklah dianjurkan karena justru dapat mendorong kotorantelinga masuk lebih dalam lagi. Selain itu, memasukkan sesuatu ke dalam rongga telinga kita juga berisiko untuk merusak organ sensitif didalam telinga, seperti gendang telinga. Telinga sebenarnya dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cairan seperti lilin yang ada di dalam telinga yang mana berfungsi untuk mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya untuk masuk ke dalam telinga. Jadi, terdapatnya kotoran telinga merupakan sesuatu yang normal. Jika kita mempunyai kelebihan cairan lilin ini, mkaak kita bisa membersihkan daerah sekitar rongga telinga dengan handuk lembut. Atau, kita bisa meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga kita dengan alat khusus.
  2. Lindungi telinga kita dari suara keras. Meskipun fungsi dari telinga adalah untuk mendengar suara, namun mendengar suara yang terlalu keras dapat merusak organ ini. Tidak semua suara masuk dalam kategori yang aman untuk didengar. Terlalu sering terpapar suara keras akan membuat kemampuan mendengar kita berkurang. Untuk itu perhatikan ketika mendengarkan sesuatu, seperti saat menggunakan earphone, hindari menyetel volume terlalu keras dan jangan menggunakannya terlalu lama, hindari sumber-sumber suara keras, jika dilingkungan kita banyak suara keras kita bisa menggunakan penyumbat telinga, dan jangan mendengarkan 2 sumber suara keras sekalikus seperti saat membersihkan dengan vacuum cleaner yang mengeluarkan suara berisik kita juga mengeraskan suara musik atau tv, hal ini akan merusak telinga kita.
  3. Jaga telinga kelembapan telinga kita agar tetap kering. Telinga yang basah akan beresiko menyebabkan infeksi dan pertumbuhan bakteri lebih banyak. Hal ini akan membuat telinga menjadi lebih cepat kotor juga. Didalam air bisa terdapat bakteri sehingga bakteri yang terjebak disana akan menginfeksi telinga kita dan menyebabkan infeksi dan iritasi pada telinga. Air merupakan tempat yang baik untuk pertumbuahan bakteri.
  4. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter terlebih ketika usia kita sudah tua. Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, sehingga kita perlu memastikan kondisi telinga kita dalam keadaan sehat setiap waktu. Kita perlu untuk melakukan tes awal pendengaran sehingga kita dapat mengukur dan mengambil tindakan setiap ada gangguan pendengaran yang dirasakan. Pemeriksaan telinga juga dilakukan untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran telinga di dalam telinga yang beresiko menyebabkan infeksi dan iritasi sehingga merusak telinga.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *