TIPS OLAHRAGA UNTUK PENGIDAP HYPERTENSI

Olahraga Untuk Penderita Hipertensi

1. Cari tahu kapasitas tubuh Anda untuk olahraga lewat pedoman FITT

Bagi pengidap hipertensi, penting untuk mengetahui betul sampai sejauh mana tubuh mampu berolahraga. Caranya dengan mengikuti pedoman FITT dibawah ini:

  • Frekuensi: seberapa sering Anda harus olahraga.
  • Intensitas: seberapa intens Anda harus berolahraga.
  • Time atau waktu: seberapa lama durasi olahraga yang ideal untuk Anda.
  • Tipe: jenis olahraga apa yang cocok untuk Anda.

2. Mulai perlahan

Mulailah pelan-pelan olahraga hingga tubuh beradaptasi dengan rutinitas baru tersebut. Mulailah dari tingkat pemula hingga nanti bisa tingkatkan intensitas dan perlama waktu olahraganya sedikit demi sedikit seiring waktu.

3. Pantau kemajuan Anda

Pantau kemajuan olahraga yang telah dilakukan, dan jangan lupa juga untuk terus rutin cek tekanan darah dengan tensimeter di rumah. Dengan begitu kita dapat tahu apakah rutinitas olahraga ini benar-benar efektif untuk mengendalikan hipertensi atau tidak. Cek tekanan darah setiap 1 jam sebelum mulai olahraga dan 1 jam setelahnya.

4. Jangan memaksakan diri

Segera berhenti olahraga ketika merasakan nyeri dada hebat atau sensasi dada seperti mengencang teremas, pusing kliyengan, kelelahan berat, atau sesak napas parah. Segera cari bantuan medis jika perlu.

Pastikan berkonsultasi dulu dengan dokter yang memahami kondisi kita sebelum mulai olahraga apa pun, terutama jika kondisi tubuh kita sedang atau memang tidak fit atau karena kita tidak pernah/jarang berolahraga sebelumnya.

5. Beri tahu orang terdekat tentang kondisi kita

6. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat atau melelahkan

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *