SIAPA BILANG TBC MENULAR ?

Penularan TBC

Penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberkulosis pada paru-paru dan juga organ lain seperti tulang belakang, ginjal, dan otak.

Penularannya yang paling umum adalah melalui udara, ketika penderita batuk, bersin atau berbicara dengan memercikkan ludah, bakteri TB juga akan ikut keluar. Bakteri tersebut akan masuk ke tubuh orang lain melalui udara yang dihirup. Penyakit ini tidak menular melalui kontak fisik seperti berjabat tangan, bersentuhan, atau berbagi makanan dan minuman milik penderita.

Penularan infeksi bakteri TB tidak semudah yang dibayangkan. Tidak semua orang yang menghirup udara yang mengandung bateri tersebut langsung sakit. Bakteri dapat bertahan beberapa jam diudara sebelum akhirnya dihirup oleh orang lain. Saat bakteri terhirup, sistem imun seseorang akan segera membunuh bakteri yang masuk. Orang beresiko terkena TBC adalah mereka yang sering bertemu dengan penderita seperti keluarga dan teman sekantor/sekelas.

Ketika sistem imun tidak dapat menyingkirkan bakteri, bakteri akan berdiam diri di paru-paru dan menunggu hingga daya tahan tubuh melemah untuk akhirnya menginfeksi dan menyebabkan sakit. Berikut adalah 2 kondisi ketika seseorang menghirup bakteri TB.

  1. Laten, dimana kondisi tubuh sedang baik dan sistem imun dapat menghalau bakteri. Ini tidak akan menyebabkan sakit dan gejala TBC ataupun berpotensi untuk menularkannya ke orang lainnya, namun bakteri dapat saja akti dan menyerang sewaktu-waktu, terutama saat daya tahan tubuh melemah. Untuk menghindarai nya harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan antibiotik untuk mencegah penyakit TBC. Jika tidak ditangani, akan berpotensi  mengakibatkan TBC.
  2. TBC aktif, dimana seseorang telang mengidap TBC dan bakteri telah aktif dan menginfeksi paru-paru, serta dapat menularkannya kepada orang lain. Disarankan bagi penderita TBC aktif untuk memakai masker, menutup mulut ketika batuk dan bersin, serta tidak meludah sembarangan. Selain itu, juga sudah harus berobat secara rutin sesuai prosedur medis dan mengkonsumsi obat-obatan secara teratur agar cepat sembuh dan mencegah terjadinya kekebalan bakteri terhadap obat TB.

Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *