KEBIASAAN YANG MENYEBABKAN DARAH TINGGI

Kebiasaan Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Namun, ada berbagai hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami darah tinggi. Sebagian faktor risiko darah tinggi tidak dapat diubah, tapi sebagian faktor lainnya masih bisa diperbaiki dengan mengubah gaya hidup.
Berikut kebiasaan yang bisa menyebabkan darah tinggi:

1. Sering Mengonsumsi Makanan Asin
Terlalu banyak makan garam bisa menyebabkan penumpukan natrium alami dalam tubuh. Kelebihan natrium ini akan membuat ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuang sisa cairan limbah dalam tubuh. Akibatnya, terjadilah retensi cairan yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam pembuluh darah. Terlalu banyak makan garam juga akan menyebabkan dinding arteri melemah. Sedangkan di waktu yang bersamaan, juga bisa menyebabkan penumpukan plak dalam dinding pembuluh arteri. Dinding arteri yang melemah ini akan menjadi semakin sempit, sehingga tekanan darah pun jadi meningkat. Sebenarnya garam tidak sepenuhnya memberi dampak buruk, selama dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas/cukup.

2. Malas Bergerak
Malas beraktivitas fisik menjadi kebiasaan yang tidak boleh dibiarkan karena dapat menyebabkan darah tinggi. Detak jantung orang yang mager biasanya cenderung cepat. Hal ini jadi memperberat kerja jantung untuk memompa darah yang akhirnya berimbas pada peningkatan tekanan darah. Maka dari itu berolahraga sangatlah penting. Lakukan kebiasaan baik ini dengan cara memilih olahraga yang ringan dan lakukan secara rutin.

3. Merokok
Merokok dapat menyebabkan hipertensi. Hisapan pertama pada rokok terbukti membuat tekanan darah langsung naik drastis. Hal ini terjadi akibat nikotin yang memicu sistem saraf di otak untuk mempersempit pembuluh darah sekaligus menyebabkan darah tinggi. Berhentilah merokok mulai dari sekarang.

4. Minum Minuman Beralkohol
Kebiasaan penyebab darah tinggi lainnya adalah minum minuman beralkohol. Kebiasaan minum alkohol berlebihan dalam jangka panjang panjang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Bila sudah memiliki darah tinggi dari awal, kebiasaan minum ini dapat memperburuk kondisinya. Alkohol yang diminum terlalu sering dalam dosis yang tinggi, bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit. Kemudian kebiasaan minum minuman keras secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan organ vital lainnya yang memengaruhi tekanan darah. Untuk itu hindari konsumsi minuman alkohol.

Kunjungi media sosial kami :
website : https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *