ALERGI SUSU ? APA ALASANNYA

Penyebab Alergi Susu

Alergi susu merupakan suatu kondisi akibat respon tidak normal dari sistem kekebalan tubuh setelah mengonsumi susu atau produk-produk olahan susu. Kondisi ini biasanya sering dialami anak-anak saat mulai mengonsumsi susu sapi. Orang dewasa bisa menderita alergi ini, yang umumnya dibawa sejak kecil.

Penanganan yang bisa dilakukan untuk mengurangi reaksi alergi susu dilakukan dengan menghindari konsumsi susu atau produk olahan susu untuk sementara waktu. Pasien disarankan menemui dokter bila gejala alergi susu tidak kunjung mereda. Sementara itu, salah satu penanganan alergi susu pada bayi baru lahir bisa dilakukan dengan menggiatkan pemberian air susu ibu (ASI), sehingga tidak perlu memberikan susu formula kepada bayi.

Alergi susu disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh penderita, yang menganggap kandungan protein dalam susu sebagai zat yang berbahaya. Peringatan ini kemudian memicu sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi immunoglobulin E untuk menetralkan alergen tersebut. Proses ini menghasilkan pelepasan zat kimia tubuh seperti histamin yang kemudian menyebabkan munculnya gejala-gejala alergi susu tersebut.

Alergi susu berbeda dengan intoleransi susu atau laktosa. Intoleransi laktosa merupakan ketidakmampuan tubuh dalam mencerna gula dalam susu, dan tidak berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Gejala dan pengobatannya juga berbeda dengan alergi susu. Dua kandungan utama pada protein susu yang menjadi penyebab alergi susu adalah kasein dan whey.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko alergi susu pada seseorang adalah:

•             Anak-anak, karena mereka lebih rentan menderita reaksi alergi, namun biasanya akan membaik setelah sistem pencernaan berkembang seiring tumbuh dewasa.

•             Anak yang menderita dermatitis atopik.

•             Terdapat alergi terhadap makanan lain yang malah muncul setelah gejala alergi susu.

•             Adanya riwayat alergi di keluarga, misalnya rinitis alergi (hay fever) atau asma.

Kunjungi media sosial kami :
website : https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Untuk Download gambar/foto/video tipe multipost, bisa gunakan aplikasi “SwiftSave” yang bisa di download di playstore dan untuk copy artikel/deskripsi bisa gunakan iSave Instagram

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *