MITOS ATAU FAKTA

MATA MINUS KARENA KETURUNAN

Mata Minus Karena Keturunan?

Rabun jauh atau miopia merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan objek yang letaknya dekat terlihat jelas, sedangkan objek yang letaknya jauh terlihat kabur. Tingkat keparahan rabun jauh sangat beragam dan berbeda-beda pada setiap pengidapnya. Pengidap rabun jauh ringan umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, pada kasus rabun jauh yang tergolong parah, kemampuan melihat pengidapnya bisa sangat terganggu, sehingga diperlukan alat bantu penglihatan.

Jika kornea atau lensa tidak melengkung secara merata, maka sinar cahaya tidak dibiaskan dengan benar. Ini artinya, kamu mengalami kesalahan bias. Rabun jauh terjadi ketika bola mata lebih panjang dari normal, dan kornea terlalu melengkung. Alih-alih berfokus pada retina, cahaya difokuskan di depan retina, sehingga menghasilkan penampilan buram untuk objek yang letaknya jauh.

Penyebab di balik kerusakan tersebut pun hingga kini belum diketahui secara pasti. Kondisi ini dapat dipicu oleh 2 faktor utama, yaitu keturunan dan pengaruh lingkungan. Anak-anak dengan orang tua yang mengidap rabun jauh memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap kondisi yang sama. Pengaruh dari lingkungan juga berperan penting, contohnya terlalu sering membaca, menonton televisi, atau menggunakan komputer.

Jadi memang benar adanya riwayat keturunan  dapat menyebabkan anak mengalami kondisi rabun jauh ini. Namun disamping itu juga ada faktor luar seperti kebiasaan buruk membaca atau menonton tv bisa juga menyebabkan rabun jauh.

Kunjungi media sosial kami :
website : https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *