Kanker Saluran Empedu

Kanker Saluran Empedu

Cholangiocarcinoma, atau yang lebih dikenal sebagai kanker empedu, adalah kanker bermula pada saluran empedu yang membawa cairan empedu. Saluran empedu menghubungkan hati dengan kantung empedu yang menuju ke usus kecil. Kanker ini merupakan jenis kanker yang jarang terjadi, dan biasanya menyerang orang di atas usia 50 tahun, walaupun kanker ini dapat terjadi pada semua usia.

Gejala

Berubahnya warna kulit dan mata menjadi kuning (jaundice), demam, kulit terasa gatal, selalu merasa lelah, perut terasa sakit dan bengkak, menurunnya berat badan tanpa sebab, mual dan muntah

Penyebab
Hingga saat ini belum jelas apa yang menyebabkan mutasi genetik penyebab kanker, tetapi mengalami peradangan jangka panjang dapat meningkatkan resiko terserang kanker.

Pencegahan

Berhenti merokok.

Mengurangi risiko terserang penyakit hati. Penyakit hati menahun berhubungan dengan meningkatnya resiko terkena cholangiocarcinoma. Memiliki gaya hidup sehat, menghindari konsumsi alkohol, dan mempertahankan berat badan ideal adalah beberapa cara untuk menjaga fungsi hati agar tetap sehat.

Bugar setiap hari sehat sepanjang masa 


Kunjungi media sosial kami :
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *