Gunung Taal di Filipina Meletus? Berikut Bahaya yang Mengancam

Gunung Taal di Filipina Meletus? Berikut Bahaya yang Mengancam

Gunung Taal merupakan salah satu gunung berapi aktif terkecil di dunia, berada di tengah danau sekitar 70 km selatan dari pusat ibu kota Filipina, Manila. Gunung berapi dan lokasi di sekitarnya adalah tempat liburan akhir pekan yang populer dari Manila. Kemarin tepatnya tanggal 12 Januari 2020 memuntahkan awan besar debu yang melayang di seluruh ibu kota Filipina.

Berikut bahaya yang mengancam akibat letusan gunung berapi Taal Filipina:

✅ Aliran lava
Lava adalah magma yang meleleh ke permukaan bumi melalui rekahan, suhunya bisa mencapai lebih dari seribu derajat celsius dan dapat merusak segala bentuk insfrastruktur di sekitarnya.

✅ Awan panas
Awan panas adalah aliran material vulkanik panas yang terdiri atas batuan berat, ringan (berongga), larva massif dan butiran klastik yang pergerakkannya dipengaruhi oleh gravitasi dan cenderung mengalir melalui lembah dan sungai.

✅ Gas beracun
Gas beracun adalah gas vulkanik yang dapat mematikan seketika apabila terhirup dalam tubuh. Gas beracun ini adalah karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), asam hidroklorida (HCL), asam flourida (HF) dan asam sulfat (H2SO4).

✅ Abu vulkanik
Abu vulkanik sering disebut juga pasir vulkanik atau jatuhan piroklastik adalah bahan material vulkanik yang disemburkan ke udara saat terjadi letusan gunung api, terdiri dari batuan berukuran besar sampai berukuran halus.

Biasanya, abu vulkanik menjadi persoalan serius jika terjadi letusan gunung api karena dampaknya sangat luas. Abu vulkanik dapat membahayakan dunia penerbangan dan bagi lingkungan, abu vulkanik bisa menurunkan kualitas air dan jangka pendek merusak tanaman, hingga berpotensi menyebabkan berbagai jenis penyakit bagi makhluk hidup termasuk manusia.

Yuk ajak semua keluarga, teman dan kerabat Vitaners untuk konsumsi Vitanosteen Nasa karena kaya akan manfaat dan Konsumsi Vitanosteen Nasa 2-3 kali sehari setelah makan untuk membantu memelihara daya tahan tubuh.
.
💜 Bugar setiap hari sehat sepanjang masa 💜
.
Kunjungi media sosial kami :
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *