Bahaya, Makanan Berikut Menaikkan Kadar Kolesterol

Bahaya, Makanan Berikut Menaikkan Kadar Kolesterol

Kolesterol baik (HDL), trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) merupakan jenis kolesterol yang diproduksi oleh hati. Seseorang yang memiliki kolestrol normal jika HDL lebih dari 60mg/dL, trigliserida kurang dari 150 mg/dL, dan LDL kurang dari 100 mg/dL.

Dalam proses metabolisme tubuh kolesterol memiliki peran yang sangat penting. Produksi empedu, Vitamin D, beberapa jenis hormon (kortisol, testosteron, estrogen, dan progesterone) juga membutuhkan membutuhkan kolesterol. Berikut ini makanan yang dapat menyebabkan kolesterol:

✅Fast food
Hamburger dan pizza memiliki kandungan 85-150 gram kolesterol satu porsinya. Apalagi bila ditambahkan dengan kentang goreng. Bahkan minuman bersoda juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

✅Es krim🍦
Di dalam 1 cup es krim mengandung banyak sekali kolesterol dibandingkan 1 porsi hamburger dan donat. Satu cup es krim bisa diganti dengan semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori.

✅Steak🥩
Steak daging juga mengandung kolesterol dan lemah jenuh. Kamu hanya perlu mengganti dengan daging yang kolesterolnya lebih rendah seperti beef plank atau bisa juga mengagntinya dengan daging domba.

✅Telur🥚
Telur merupakan sumber protein yang sehat asalkan tidak mengkonsumsi telur secara berlebihan. Jika sudah mengkonsumsi telur untuk sarapan disarankan untuk tidak mengkonsumsi jeroan ataupun daging berlemak tingi. Orang dengan kolesterol tinggi dianjurkan unutk konsumsi 4-6 telur per minggu.

✅Makanan laut🦞
Lobster merupakan penyebab kolesterol tinggi karena terdapat 70mg kolesterol dalam setiap 100gr lobster. Jika ingin konsumsi hidangan laut bisa diganti dengan ikan yang dioalah secara direbus atau dikukus.

✅Jeroan
Bagian perut hewan seperti usus, babat atau otak mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan dengan dagingnya. Tidak hanya itu, bagian tersebut juga mengandung asam urat.

✅Daging bebek🦆
Dalam 100 gr daging bebek, setidaknya mengandung kolesterol sebanyak 80 mg. sementara itu, daging ayam hanya mengandung 60 mg kolesterol. Jika ingin konsumsi daging bebek, dianjurkan untuk membuang bagian kulit saat mengolah daging bebek guna mengurangi kadar kolesterolnya.

✅Keju dan susu🧀🥛
Sebaiknya pilih keju dan susu yang rendah lemak.
Daftar makanan diatas mengandung kolesterol tinggi. Bukan menghindari, hanya saja jika ingin mengkonsumsinya bisa dengan mengurangi saja.
.
💜 Bugar setiap hari sehat sepanjang masa 💜
.
Kunjungi media sosial kami :
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *