Micin Bikin Penyakit?

Micin Bikin Penyakit?

Micin atau MSG (monosodium glutamate) merupakan penyedap rasa yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Micin sendiri yaitu hasil isolasi asam glutamat diubah menjadi monosodium glutamate oleh ilmuwan Jerman. Namun saat itu belum diketahui fungsinya sebagai penyedap rasa. Selang beberapa puluh tahun, seorang professor dari Jepang menemukan kunci lezatnya masakan Jepang yang biasanya memakai rumput laut. Lalu penggunaan micin sebagai bumbu masakan menyebar ke Indonesia. Dulunya micin dibuat dengan bahan alami, namun seiring dengan permintaan pasar yang sangat tinggi, akhirnya micin dibuat menggunakan proses fermentasi.

Meskipun micin sebagai penyedap rasa, ada beberapa dampak yang ditimbulkan bila penggunaannya secara berlebihan, yaitu:

🍟Chinese Restaurant Syndrome
Kondisi ini adalah munculnya gejala berupa sakit kepala, mati rasa, kemerahan, kesemutan, jantung berdebar, nyeri dada, mual, lemah, letih dan mengantuk. Ini terjadi ketika seseorang mengkonsumsi micin lebih dari 3 gram. Gejala tersebut akan terjadi setengah jam setelah konsumsi.

🍟Kerusakan saraf
MSG dalam dosis tinggi dapat menjadi racun yang merusak sel saraf. Bahkan kerusakan otak dan organ sekalipun dapat disebabkan oleh MSG. Ini juga menyebabkan timbulnya penyakit alzheimer, parkinson dan gangguan konsentrasi belajar.

🍟Asma
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kelebihan MSG juga akan menyebabkan asma. Adapun jumlah takaran yang dapat memicu gejala tersebut adalah sebesar 3 gram dalam sekali makan.

🍟Memicu reaksi alergi
Pada kasus tertentu ada beberapa orang yang sensitif dengan kandungan micin berupa monosodium glutamat bisa memicu reaksi alergi. Beberapa tanda reaksi alergi tersebut adalah gatal-gatal, mual, muntah, dan sakit kepala.

🍟Kerusakan ginjal dan depresi
Penelitian lainnya mengatakan bahwa mengkonsumsi micin jangka panjang dapat menyebabkan rusaknya ginjal dan gejala depresi akibat perubahan serotonin yaitu sinyal yang dikirim ke otak mempengaruhi suasana hati dan emosi.

Jadi, pastikan konsumsi micin dalam jumlah yang wajar, agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merusak kesehatan tubuh kita sendiri. Jika perlu kita membatasi jumlah micin yang dikonsumsi.
.
💜 Bugar setiap hari sehat sepanjang masa 💜
.
Kunjungi media sosial kami :
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *